Tuesday, 19 March 2019

Menengok Desa Terindah di Dunia, Nagari Pariangan Tanah Datar

Menengok  Desa Terindah di Dunia, Nagari Pariangan Tanah Datar

Batusangkar, swamedium.com – Nagari Pariangan yang terletak di kaki Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dinobatkan menjadi desa terindah di dunia. Penghargaan ini disematkan oleh Majalah Travel Budget New York akhir tahun 2016 lalu.

“Anugerah yang amat luar biasa kini didapat masyarakat Pariangan, Nagari tuo di Ranah Minang,” ujar Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi, beberapa waktu lalu.

Selain Pariangan, desa-desa lain yang masuk kelompok terindah di dunia versi majalah itu adalah Desa Wengen di Swiss, Eze (Prancis), Niagara on The Lake (Kanada), dan Cesky Krumlov (Ceko).

Pariangan, terletak tidak jauh dari Ibukota Kabupaten Tanah Datar, Batusangkar. Nagari tuo ini
berada di ketinggian 700 hingga 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di sini terdapat sebuah masjid berusia ratusan tahun tahun. Ada juga kuburan panjang Tantejo Gurhano, sejumlah rumah gadang, kolam air panas, prasasti dan banyak warisan Minangkabau masa lalu.

Nagari Tuo Pariangan bisa dicapai sekitar 2,5 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi dari Kota Padang ke Pariangan, Batusangkar. Jika hendak menggunakan kendaraan umum, silakan memilih bus atau mobil biro perjalanan rute Padang-Batusangkar.

Sekitar 15 kilometer sebelum tiba di Batusangkar terdapat pintu masuk dengan atap bagonjong yang jadi penanda wilayah Nagari Tuo Pariangan. Kita akan disambut dengan hamparan sawah tak lama sesudah memasuki gerbang itu.

Nagari itu terdiri atas empat jorong, yakni Jorong Pariangan, Padangpanjang, Sikaladi, dan Guguak.

Luasnya 2.749 hektar dengan 6.012 penduduk yang mayoritas petani. Dengan sejumlah obyek wisata sejarah, atraksi budaya, dan alam, Nagari Tuo Pariangan tengah gencar berupaya sebagai lokasi kunjungan utama di Tanah Datar.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)