Thursday, 25 May 2017

Demi Keterampilan Berbahasa Indonesia, HPI Gelar Pelatihan

Demi Keterampilan Berbahasa Indonesia, HPI Gelar Pelatihan

Jakarta, Swamedium.com — Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) menggelar acara Pelatihan Kemahiran Berbahasa Indonesia pada Sabtu (25/2).

Pernahkah Anda mengalami kebingungan menulis kata atau frasa, seperti ‘di jalan’ atau ‘dijalan’? Pernahkah Anda sulit memilih kata yang baku sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia, seperti ‘sekadar’ atau ‘sekedar’, ‘risiko’ atau ‘resiko’?

Atas latar belakang tersebut, HPI mengadakan Pelatihan Kemahiran Berbahasa Indonesia. Acara ini bertujuan untuk mengasah kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar bagi para anggota HPI yang tentunya berprofesi sebagai penerjemah.

Pelatihan diselenggarakan di Aula Gedung Samudra, lantai 2 BPPB, Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur. Narasumber acara ialah Drs. Mustakim, M.Hum. (Kabid. Pemasyarakatan Bahasa BPPB) dan Ivan Lanin (anggota HPI, peneroka dan penggiat bahasa Indonesia).

Sekitar 80 peserta mengikuti acara. Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sangat diperlukan, tidak hanya oleh para penerjemah, tetapi juga oleh profesi yang lainnya, seperti guru, penulis, dan wartawan, karena aktivitas berbahasanya.

Pelatihan ini akan dilanjutkan dengan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang akan diselenggarakan oleh BPPB pada Selasa, 28 Februari 2017. UKBI itu terbuka untuk umum. Bahkan, sampai akhir Februari 2017 peserta UKBI tidak dipungut biaya. Namun, mulai Maret 2017, peserta UKBI akan dikenakan biaya ujian sebesar Rp300.000 yang akan disetorkan ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

HPI yang diketuai oleh Hananto Sudharto ini adalah organisasi profesi penerjemah yang didirikan pada 5 Februari 1974. Sebagai anggota Fédération Internationale des Traducteurs (FIT) atau International Federation of Translators (IFT), HPI terus berupaya untuk memfasilitasi para anggotanya untuk mengasah keterampilan profesional melalui berbagai pelatihan yang tentunya diisi oleh pemateri yang berkompeten di bidangnya.

Sebagaimana kata bijak mengatakan, bahasa menunjukkan bangsa, kita tentunya ingin memiliki kemampuan berbahasa ibu dengan baik guna menunjukkan karakter bangsa yang baik juga.

“Kami ingin para penerjemah Indonesia memiliki sarana untuk menakar kemahiran mereka dalam berbahasa Indonesia, sehingga hasil terjemahan tersebut memenuhi kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Masyarakat Indonesia pun menjadi semakin terpapar dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar,” pungkas Hananto. (AW/Pamungkas)

Related posts

Leave a Reply

3 Comments

  1. Isnarti

    Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mengukur kemahiran kita dalam berbahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang baik dan benar. Bagi yang ingin mengikuti ujiannya, bisa mencari infonya di http://ukbi.kemdikbud.go.id/.

    Terima kasih Swamedium.com, Salam sukses.

    Reply
    1. Rury

      Terima kasih telah membantu penyebarannya. Sehingga dapat lebih banyak lagi yang terinformasi dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) menggelar acara Pelatihan Kemahiran Berbahasa Indonesia dan adanya Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

      Reply
  2. Hudi

    Salam sukses untuk Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI). Semoga kami yang di daerah bisa mencicipi kue pelatihan nan lazit juga..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *