Peralatan GPS Cegah Klaim Palsu Pendaki Everest

Peralatan GPS Cegah Klaim Palsu Pendaki Everest

Ilustrasi: Pendakian Gunung Everest. (RMI guides)

Kathmandu, Swamedium.com — Nepal akan menyediakan alat-alat pelacak GPS untuk sebagian pendaki gunung yang mencoba mendaki Gunung Everest tahun ini. Itu untuk mencegah klaim palsu mereka telah mencapai puncak dan untuk melacak para pendaki yang dalam keadaan bahaya, kata seorang petugas pada Senin (20/3).

Para pendaki yang mencapai puncak Everest, ketinggian 8.850 mdpl, harus mengambil foto yang menunjukkan mereka berada di puncak sebagai bukti pendakian mereka serta laporan dari penghubung resmi resmi mereka yang berada di base camp.

Tahun lalu, pemerintah Nepal telah melarang sepasang pendaki India mendaki di Nepal selama 10 tahun setelah mereka memalsukan foto yang menunjukkan mereka berada di puncak tertinggi dunia itu.

Petugas departemen pariwisata, Durga Dutta Dhakal, berkata bahwa sebagian pendaki akan dilengkapi dengan alat pelacak GPS sebagai percobaan awal pada musim pendakian sekarang ini untuk menguji apakah ini cara yang efektif dalam mencegah klaim palsu.

“Jika ini bekerja, kami akan memerintahkan semua pendaki membawa alat itu mulai tahun depan,” kata Durga kepada para wartawan.

Durga mengatakan, data GPS akan diperiksa saat para pendaki kembali ke Kathmandu untuk memastikan apakah mereka telah benar-benar mencapai puncak Everest. Selain itu, akan melacak pergerakan mereka juga dan akan berguna bagi tim penyelamat jika mereka berada dalam masalah.

Pariwisata dan pendakian gunung merupakan sumber utama pemasukan, 4% dari produk domestik bruto Nepal. Puncak musim pendakian Everest berlangsung saat “weather window“–kondisi cuaca yang sangat memungkinkan untuk proyek-proyek tertentu, seperti pembangunan kilang minyak lepas pantai serta pemasangan jalur pipanya, pendakian ke puncak gunung, dan peluncuran satelit–yang khusus buka hingga Mei. (ais)

Sumber: Reuters

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *