Wednesday, 20 February 2019

Menaker : Karakter Modal Penting Bersaing di Dunia Kerja

Menaker : Karakter Modal Penting Bersaing di Dunia Kerja

Jakarta, Swamedium.com – Jumlah angkatan kerja terus bertambah, maka persaingan memperebutkan lapangan kerja semakin ketat. Selain pintar, modal penting lainnya untuk memenangkan persaingan di dunia kerja adalah karakter atau mental yang baik.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengatakan hal itu saat menghadiri haul ke-23 KH Asrori Ahmad dan khataman di Pondok Pesantren Raudhatut Thullab, Wonosari, Tempuran, Kabupaten Magelang, Sabtu (6/5) malam.

M. Hanif Dhakiri mengatakan persaingan di dalam dunia kerja semakin ketat. Untuk dapat memenangkan persaingan di dunia kerja, karakter mental seseorang menjadi modal utama.

“Orang mau sekolah maupun bekerja harus bersaing. Di dunia kerja karakter itu menjadi modal utama agar anak-anak kita bisa dan siap bersaing,” kata dia dalam siaran persnya, Minggu (7/5).

Menurut Hanif pesantren sebagai penyelenggara pendidikan tertua di Indonesia terbukti mampu mencetak kader-kader terbaik bangsa. Mereka memiliki iman yang kuat dan tekad baja menjaga dan memakmurkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya percaya anak-anak pesantren tidak akan pernah kalah bersaing, karena anak-anak pesantren itu bukan hanya dididik soal ilmu, tetapi yang paling kunci adalah dididik mengenai akhlak, adab dan budi pekerti. Lebih lagi, anak-anak pesantren ini adalah pewaris para ulama NU yang menjadi pahlawan kemerdekaan bangsa ini,”katanya.

Barang Mahal

Menurut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu, karakter mental merupakan barang mahal, susah waktu prosesnya dan susah dicetaknya. Di pesantren karakter mental dibangun tidak saja dari internalisasi nilai-nilai yang diajarkan Kitab Kuning, juga dari tauladan keseharian yang dipraktekkan para ulama/kiai pengasuhnya.

“Untuk bisa mengelas, saya jamin tiga hingga enam bulan bisa jago mengelas di Balai Latihan Kerja”, tuturnya.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)