Tuesday, 18 September 2018

Cara Mendaftar Pemasangan Listrik PLN Secara Online

Cara Mendaftar Pemasangan Listrik PLN Secara Online

Foto: Pelanggan listrik nonsubsidi resah daya listrik akan dinaikkan pemerintah. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Zaman sudah maju. Tidak musim lagi, jika orang harus repot mengantre panjang hanya untuk mendaftar pemasangan listrik berlangganan. Seiring kemanjuan teknologi, PT PLN (Persero) juga sudah menerapkan sistem online dalam pendaftaran pemasangan listrik, tambah daya hingga cek tagihan listrik.

Selain lebih mudah dan praktis, cara mendaftar langsung secara online pun ternyata jauh lebih murah dan cepat jika dibanding menggunakan jasa perantara atau calo. Bagaimana caranya?

Berikut ini tahap-tahap yang harus dilalui untuk pemasangan listrik secara online seperti ditulis dalam laman Rumah.com;

1. Buka URL http://www.pln.co.id/pbpd/. Di sini Anda harus mengisi data pelanggan dan data pemohon. Isilah dengan lengkap disertai alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

2. Sebagai informasi, jika Anda ingin berlangganan listrik pasca-bayar, daya listrik terendah yang diizinkan adalah 6.600 VA. Di bawah itu, Anda harus berlangganan listrik pra-bayar.

3. Setelah data diisi dan disimpan, sistem komputer PT PLN akan mengirim email pemberitahuan kepada Anda disertai nominal yang harus Anda bayar dan kode transaksi.

4. Masukkan kode transaksi tersebut lewat form yang tersedia di http://www.pln.co.id/pbpd/Konfirmasi.php.

5. Sistem komputer PT PLN akan kembali mengirim email pemberitahuan kepada Anda disertai nominal yang harus Anda bayar dan nomor registrasi (kode bayar)

6. Setelah itu, Anda harus melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan di kantor pos, bank, ATM, dan loket resmi yang telah bekerjasama dengan PT PLN. Pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 30 hari setelah pendaftaran secara online.

7. Untuk membayar lewat ATM, Anda dapat memilih ‘Pembayaran Listrik’, kemudian pilih ‘Non Taglis’. Anda cukup memasukkan 13 digit nomor registrasi, kemudian nama Anda akan tampil di layar dengan jumlah nominal yang harus Anda bayar.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (18)

18 Comments

  1. Gaos wiguna

    Maaf apkh bnar …meteran yg lama harus d ganti ….d gnti dgn yg bru dgn sistem sensor….kt petugas pln nya adalh program pemerintah ..dan hrs membayar sebesar 100brb

    Reply
    1. Anonymous

      Mmg ya meteran lm dignti dgn yg baru. Tp tdk dipungut biaya..kami jg udh diganti..gratis dri pln cm uang cpek msang seikhlas hati.klo sy kmrin ngasih 25rb

      Reply
  2. Anonymous

    Capek, drtd susah masukan data,peruntukan rumah, rumah pribadi tp susah padahal sudah doble klik, payah… Apa aq yang bodoh…

    Reply
  3. Anonymous

    saya kasih uang Rp 125000 sdh 3 bulan ke petugas PLN cabang piru kab. SBB Prov. MALUKU, sampai saat ini lampu d rumah saya tidak menyala.

    Reply
  4. Anonymous

    Layanan online pemasangan baru pasca bayar blm bisa padahal perubahan udah d tentukan bagaimana ya ?udah ada yg bisa daftar online ga pascabayar 900-seterusnya

    Reply
  5. Anonymous

    Ira marliana lubis.Alamat:simp. Staim.gg:agung.kec:panyabungan.kab:mandailing natal.saya ingin memasang listrik daya 900.bagaimana cara dan apa persyaratannya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)