Thursday, 25 May 2017

Cara Mendaftar Pemasangan Listrik PLN Secara Online

Cara Mendaftar Pemasangan Listrik PLN Secara Online

Jakarta, Swamedium.com – Zaman sudah maju. Tidak musim lagi, jika orang harus repot mengantre panjang hanya untuk mendaftar pemasangan listrik berlangganan. Seiring kemanjuan teknologi, PT PLN (Persero) juga sudah menerapkan sistem online dalam pendaftaran pemasangan listrik, tambah daya hingga cek tagihan listrik.

Selain lebih mudah dan praktis, cara mendaftar langsung secara online pun ternyata jauh lebih murah dan cepat jika dibanding menggunakan jasa perantara atau calo. Bagaimana caranya?

Berikut ini tahap-tahap yang harus dilalui untuk pemasangan listrik secara online seperti ditulis dalam laman Rumah.com;

1. Buka URL http://www.pln.co.id/pbpd/. Di sini Anda harus mengisi data pelanggan dan data pemohon. Isilah dengan lengkap disertai alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

2. Sebagai informasi, jika Anda ingin berlangganan listrik pasca-bayar, daya listrik terendah yang diizinkan adalah 6.600 VA. Di bawah itu, Anda harus berlangganan listrik pra-bayar.

3. Setelah data diisi dan disimpan, sistem komputer PT PLN akan mengirim email pemberitahuan kepada Anda disertai nominal yang harus Anda bayar dan kode transaksi.

4. Masukkan kode transaksi tersebut lewat form yang tersedia di http://www.pln.co.id/pbpd/Konfirmasi.php.

5. Sistem komputer PT PLN akan kembali mengirim email pemberitahuan kepada Anda disertai nominal yang harus Anda bayar dan nomor registrasi (kode bayar)

6. Setelah itu, Anda harus melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan di kantor pos, bank, ATM, dan loket resmi yang telah bekerjasama dengan PT PLN. Pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 30 hari setelah pendaftaran secara online.

7. Untuk membayar lewat ATM, Anda dapat memilih ‘Pembayaran Listrik’, kemudian pilih ‘Non Taglis’. Anda cukup memasukkan 13 digit nomor registrasi, kemudian nama Anda akan tampil di layar dengan jumlah nominal yang harus Anda bayar.

8. Pemasangan akan dilakukan selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja setelah pembayaran. Syaratnya, rumah tersebut tak jauh dari tiang listrik yang sudah berdiri serta telah terpasang instalasi listrik.

9. Jika pada hari keenam belum juga terpasang, Anda bisa bertanya atau komplain ke hotline PT PLN di nomor 123.

10. Untuk memeriksa status pendaftaran, Anda dapat memeriksanya di URL http://www.pln.co.id/pbpd/Status.php.

11. Perlu diingat, PT PLN juga melarang Anda memberikan uang atau tip bagi petugas yang memasang sambungan listrik di rumah Anda.

Tambah Daya

Sama seperti pemasangan baru, permohonan penambahan daya listrik juga dapat dilakukan dengan cara offline dan online.

Permohonan offline dapat dilakukan dengan cara menghubungi langsung kantor PLN terdekat, sedangkan permohonan online dapat dilakukan melalui website resmi PLN
http://www.pln.co.id/pbpd/PD.php

Cek Tagihan

Bagi yang tidak menggunakan listrik token, kita bisa mengecek tagihan listrik bulanan melalui website PLN berikut: http://www.pln.co.id/info_billing/index.php

Semoga bermanfaat. (maida)

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *