Friday, 25 May 2018

Cara Mudah Menghemat Listrik Rumah Tangga

Cara Mudah Menghemat Listrik Rumah Tangga

Jakarta, Swamedium.com – Biaya tagihan listrik terus merangkak naik karena pemerintah secara bertahap mulai menghapuskan subsidi listrik, kecuali untuk masyarakat bawah pengguna listrik dengan daya 450 KVA, industri UMKM atau sektor tertentu. Daripada menambah bujet untuk bayar tagihan listrik, sebaiknya lakukan penghematan dalam pemakaiannya.

Listrik merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat modern. Dan, bagi setiap keluarga, pengeluaran rutin terbesar setiap bulan yang harus dibayar adalah tagihan listrik, kemudian tagihan air PAM. Karena itu, penghematan listrik akan membantu menyehatkan keuangan keluarga.

Daripada terus berkeluh kesah menyalahkan pemerintah atau PLN, lebih baik kita berupaya melakukan penghematan di rumah masing-masing. Apalagi, menurut website Kementerian ESDM, menghemat penggunaan listrik hingga 10 persen lebih mudah dilakukan dibandingkan harus menyediakan 10 persen produksi listrik baru yang dananya bisa mencapai triliunan rupiah.

Jadi, kalau setiap keluarga punya kesadaran untuk menghemat listrik dan menerapkannya, dia bisa membantu diri sendiri sekaligus mengurangi beban negara. Hal sederhana, tetapi dampaknya luas. Berikut ini, cara-cara yang harus dilakukan agar listrik di rumah tidak boros.

1. Penggunaan Lampu

Lampu merupakan penerangan yang mutlak digunakan oleh setiap keluarga. Agar hemat listrik, pilihlah lampu LED. Meski harganya sedikit lebih mahal daripada lampu neon, namun LED hemat listrik, cahayanya lebih enak di mata dan terang, lebih ramah dengan lingkungan dan masa pakainya lebih awet.

Pilihlah besaran watt sesuai kebutuhan. Misal, lampu untuk penerangan kebun dan kamar mandi cukup 5 watt, dapur 10 watt, dan sebagainya. Selain itu, lampu sebaiknya juga tidak dibiarkan kotor. Bersihkan secara rutin minimal setiap tiga bulan sekali. Sebab lampu yang kotor akan memakan daya listrik lebih besar.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)