Thursday, 25 May 2017

Setelah Membenarkan, BIN Klarifikasi Larangan Berjenggot Adalah Tidak Benar

Setelah Membenarkan, BIN Klarifikasi Larangan Berjenggot Adalah Tidak Benar

Foto: Badan Intelijen Negara (BIN). (ilustrasi/ist)

Jakarta, Swamedium.com — Badan Intelijen Negara (BIN) mengklarifikasi adanya surat edaran terkait larangan bagi pegawainya mengenakan celana di atas mata kaki (cingkrang) dan memelihara janggut. Pihak BIN menegaskan bahwa aturan tersebut tidak benar.

“Bahwa Surat Edaran tertanggal 15 Mei 2017 dengan Kop Surat BIN yang saya tanda tangani berisikan larangan staf BIN berjenggot dan bercelana cingkrang adalah tidak benar,” ujar Sekretaris Utama (Sestama) BIN Zaelani lewat rilisnya, Jumat (19/5).

Untuk meluruskan informasi yang telah menjadi perhatian media massa dan publik tersebut, BIN pun mengeluarkan surat edaran yang benar telah diterbitkan sebelumnya di internal BIN.

“Kami harapkan klarifikasi ini dapat memperjelas keadaan yang sebenarnya. Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan kami haturkan terima kasih,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Informasi dan Komunikasi Publik BIN, Dawan membenarkan adanya surat edaran terkait larangan bagi pegawainya mengenakan celana di atas mata kaki (cingkrang) dan memelihara janggut. Aturan tersebut merupakan aturan lama dan berlaku hanya untuk internal BIN.

“Itu edaran internal, bukan untuk dipublikasi. Kami tidak pernah mempublikasi edaran itu, jadi itu edarannya,” ujarnya seperti dikutip Republika, Kamis (18/5) lalu.

Dawan tidak membantah perihal isi edaran tersebut. Dirinya menjelaskan, isi edaran tersebut ditujukan untuk internal pegawai BIN.

Foto: Surat Edaran BIN yang beredar di media sosial. (ist)

“Itu konsumsi internal, bukan konsumsi publik dalam rangka menegakkan disiplin untuk menegakkan kode etik, gitu lho ya,” katanya.

Sebelumnya, ranah media sosial diramaikan dengan beredarnya surat edaran untuk kalangan internal BIN itu. Isi edaran tersebut menegaskan larangan pegawai BIN memelihara jenggot dan rambut panjang, serta memakai celana cingkrang (di atas mata kaki). Berikut adalah tiga poin isi surat edaran tersebut.

1. Dasar
a. Mengindahkan perintah pimpinan Badan Intelijen Negara
b.Guna keseragaman cara berpakaian dan berpenampilan sebagai pegawai Badan Intelijen Negara.

2. Sehubungan dasar tersebut, diberitahukan kepada seluruh pegawai BIN khususnya yang setiap hari berdinas di kantor Pejaten agar tidak memelihara jenggot dan rambut panjang sertai memakai celana cingkrang (celana di atas mata kaki).

3. Terkait hal tersebut di atas, dimohon kepada Kepala Unit Kerja untuk menindaklanjuti Surat Edaran ini. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *