Wednesday, 17 January 2018

Bulan Ramadhan, Bulan Memuliakan Ulama

Bulan Ramadhan, Bulan Memuliakan Ulama

Oleh: Ahmadi Sofyan*

Jakarta, Swamedium.com — Saat menulis catatan ini, sebetulnya saya ingin memberikan judul keras “Bunuhkan Saja Ulama-nya!!!” Sebagaimana judul catatan saya beberapa minggu yang lalu di kolom TARING (Catatan Ringan) di harian Babel Pos yang katanya sempat heboh, viral dan trending topic di medsos (media sosial) dengan judul: “Robohkan Saja Masjid-nya!!!”. Ratusan SMS, WA dan telpon masuk ke handphone saya mengomentari tulisan tersebut yang alhamdulillah hampir semuanya menyatakan dukungan walaupun ada beberapa komen yang “mengharukan”.

Tapi sebagai penulis yang berperilaku cuek, dukungan, pujian, cacian dan celaan terhadap apa yang sudah saya tulis bernilai sama, yakni “mane kenek pembace” (terserah pembaca) untuk menilai. Karena menulis bagi saya sama dengan menikmati secangkir kopi. Jangan pernah melarang saya untuk menikmati kopi, kapan pun dan dimana pun, kecuali di bulan Ramadhan seperti ini. Karena hanya Ramadhan (agama) saja yang bisa mengatur waktu saya menikmati kopi yakni saat berbuka, habis tarawih dan sampai menjelang imsyak. Begitupula dalam hal menulis!

Ulama adalah pemuka agama atau pemimpin agama yang bertugas untuk mengayomi, membina dan membimbing umat Islam baik dalam masalah-masalah agama maupun masalah sehari hari yang diperlukan baik dari sisi keagamaan maupun sosial kemasyarakatan.

Dengan demikian, pengertian ulama secara harfiyah adalah orang-orang yang memiliki ilmu. Pengertian ulama secara harfiyah adalah orang yang dengan ilmunya menyampaikan mereka kepada sifat takut kepada Allah. Ulama adalah orang-orang yang menjelaskan segala apa yang dihalalkan dan diharamkan, dan mengajak kepada kebaikan serta menafikan segala bentuk kemudharatan. Karakteristik esensial ulama adalah iman, ilmu, dan amal, yang semuanya amat mendalam, berbeda dengan orang biasa, serta mendapatkan pengakuan dan penerimaan dari masyarakat secara kultural.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)