Thursday, 17 August 2017

Indonesia Ajukan Syarat Untuk Aktif Kembali Sebagai Anggota OPEC

Indonesia Ajukan Syarat Untuk Aktif Kembali Sebagai Anggota OPEC

Jakarta, Swamedium.com – Indonesia sedang mempertimbangkan permintaan Arab Saudi dan negara Uni Emirat Arab (UEA) agar aktif kembali sebagai anggota negara eksportir minyak atau OPEC. Indonesia bakal aktif dengan syarat boleh mempertahankan produksi harian minyak buminya.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Sujatmiko kembali menegaskan bahwa proses reaktivasi ini adalah permintaan dari Arab Saudi dan UEA.

“Kembali saya sampaikan bahwa Indonesia diminta oleh Arab Saudi dan UEA untuk reaktivasi keanggotaan di OPEC. Menteri ESDM dalam suratnya ke OPEC, menyatakan reaktivasi akan dilakukan dengan syarat, yaitu tanpa memotong produksi harian minyak bumi Indonesia,” tegasnya dalam saiaran persnya di Jakarta, Rabu (7/6).

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk membekukan sementara keanggotaannya di OPEC. Keputusan ini disampaikan oleh Menteri Jonan dalam sidang ke-171 OPEC di Wina, Austria, pada Rabu 30 November 2016.

Langkah ini diambil pemerintah menyusul keputusan sidang OPEC yang memotong produksi minyak mentah di luar kondensat sebesar 1,2 juta barel per hari.

Sidang OPEC juga meminta Indonesia untuk memotong sekira 5% dari produksinya atau sekira 37 ribu barel per hari. Padahal, kebutuhan penerimaan negara masih besar. Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2017 disepakati produksi minyak tahun ini turun sebesar 5 ribu barel dibandingkan 2016.(maida)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments from Facebook ()