Monday, 11 December 2017

Ini Alasan Serikat Pekerja Dukung ‘Holdingisasi’ BUMN

Ini Alasan Serikat Pekerja Dukung ‘Holdingisasi’ BUMN

Menteri BUMN marah disebut Kadin menguasai proyek hingga swasta tidak punya pekerjaan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Meski pembentukan perusahaan induk (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan berdampak pada perampingan karyawan, Ketua Umum Serikat Pekerja BUMN Arief Poyuono justru mendukung karena holdingisasi diyakininya dapat mengurangi atau menghilangkan persaingan antar BUMN sejenis.

Arief mengatakan BUMN yang memiliki bidang usaha sejenis akan terlibat dalam persaingan usaha. Dengan, adanya holdingisasi itu, persaingan antar BUMN sejenis tidak ada lagi. Holdingisasi bahkan juga akan membuat perusahaan swasta tak mudah melakukan provokasi yang dapat merusak usaha BUMN.

“Holdingisasi akan memperkuat hak istimewa Pemerintah untuk tetap memiliki saham mayoritas di anak-anak perusahaan yang tergabung dalam holding,” jelas dia dalam diskusi “Polemik Holdingisasi BUMN menurut PP 72/2016, Melemahkan atau Memperkuat Peranan BUMN hadapi Pasar Bebas” di Jakarta, Selasa malam (6/6).

Arief menambahkan bahwa modal BUMN berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. Dalam penjelasan UU Nomor 19 tahun 2003 yang dimaksud dengan kekayaan negara yang dipisahkan adalah pemisahan kekayaan negara dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menjadi penyertaan modal negara pada BUMN.

Selanjutnya, pembinaan dan pengelolaannya tidak lagi didasarkan pada sistem APBN, namun pembinaan dan pengelolaannya didasarkan pada prinsip-prinsip perusahaan yang sehat.

Pemerintah, menurut dia, dalam menyertakan modal negara dalam rangka pendirian atau penyertaan pada BUMN bersumber dari APBN, kapitalisasi cadangan dan dari sumber-sumber lainnya.

Prinsipnya, holdingisasi BUMN merupakan keputusan yang tepat karena akan meningkatkan daya saingnya di era pasar bebas.

Hal senada dikatakan oleh pengamat kebijakan publik Universitas Indonesia Oskar Vitriano. Dia menilai holdingisasi yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan skala BUMN itu positif karena skala itu penting dikembangkan untuk menghadapi globalisasi.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)