Sunday, 20 August 2017

BI Luncurkan Tiga Buku Ekonomi dan Keuangan Syariah

BI Luncurkan Tiga Buku Ekonomi dan Keuangan Syariah

Foto: Buku "Usaha Mikro Islami” yang dipresentasikan oleh DR. Dian Masyita, SE, MT, dari Universitas Padjadjaran, Bandung. (Nico/jurnalis warga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Bank Indonesia (BI) mengadakan sosialisasi modul zakat, wakaf dan usaha mikro syariah yang bertempat di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat, Rabu (7/6) kemarin.

Acara yang mempertemukan ahli-ahli ekonomi syariah ini dihadiri oleh para pengajar Studi Ekonomi Syariah dari berbagai universitas terkemuka di Tanah Air. Sebagai penyelenggara acara, Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia berharap terjadi diskusi intensif diantara para ahli dan akademisi. Pada acara tersebut dipresentasikan tiga buku Seri Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Buku pertama berjudul “Wakaf: Pengaturan dan Tata Kelola yang Efektif” dipresentasikan oleh Dr. Raditya Sukmana SE, MA, dari Universitas Airlangga, Surabaya. Melalui buku tersebut didorong penyempurnaan tata kelola wakaf agar berstandar internasional melalui penyusunan wakaf core principles.

Dijelaskan pula mengenai upaya pengembangan kemanfaatan wakaf dalam perekonomian serta gambaran mengenai potensi pemanfaatan wakaf produktif. Sebagai sebuah instrumen, wakaf dapat menjadi pelengkap pembiayaan pembangunan, termasuk dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Buku kedua berjudul “Usaha Mikro Islami” yang dipresentasikan oleh DR. Dian Masyita, SE, MT, dari Universitas Padjadjaran, Bandung. Buku ini memperkenalkan konsep dan implementasi Usaha Mikro Islami yang diantaranya bersumber dari hasil impelementasi program pengembangan usaha mikro, baik berupa pilot project maupun contoh nyata lainnya.

Buku ketiga berjudul “Pengelolaan Zakat yang Efektif: Konsep dan Praktik di Beberapa Negara” yang dipresentasikan oleh Priyonggo Suseno, SE, MSc, dari Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Buku ini menjelaskan sudut pandang secara komprehensif dampak zakat bagi perekonomian, yang bukan hanya diukur dari besaran tambahan nilai material akibat zakat secara agregat, namun juga berdasarkan distribusi sumber daya bagi setiap pelaku ekonomi.

Penerbitan buku Seri Ekonomi dan Keuangan Syariah ini hasil kerjasama antara Bank Indonesia dengan berbagai perguruan tinggi untuk menghasilkan materi ajar komprehensif bagi mahasiswa S-I.

Buku Seri Ekonomi dan Keuangan Syariah merupakan sumbangsih Bank Indonesia bagi pengembangan keilmuan di bidang ekonomi dan keuangan Islam sebagai bagian dari strategi dan kebijakan pembangunan ekonomi nasional.

Buku Seri Ekonomi dan Keuangan Syariah terbitan Bank Indonesia ini bisa diunduh gratis di link berikut ini: http://www.bi.go.id/id/publikasi/seri-ekonomi-keuangan-syariah/Default.aspx (Nico Andrianto/jurnalis warga)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments from Facebook ()