Sunday, 20 August 2017

JIMI Dukung Malahayati Sebagai Pahlawan Nasional

JIMI Dukung Malahayati Sebagai Pahlawan Nasional

Foto: Malayahati, pahlawan dari Aceh layak diangkat menjadi pahlawan nasional. (ist)

Banda Aceh, Swamedium.com — Jaringan Intelektual Muda Islam (JIMI) mendukung laksamana Malahayati sebagai pahlawan nasional.

JIMI menilai Keumalahayati atau yang lebih dikenal dengan Malahayati merupakan sosok perempuan pemberani yang aktif memperjuangkan kemerdekaan Indonesia walaupun saat itu Aceh belum menjadi bagian Indonesia.

“Malahayati juga sosok perempuan yang cerdas dan tangkas, catatan sejarah mengatakan beliau lebih mementingkan pendidikan dari pada cinta,” kata Ketua JIMI Don Zakiyamani melalui rilis yang diterima Swamedium.com, Kamis (8/6).

“Itulah sebabnya banyak hati yang tertambat padanya namun ditolaknya. Semua dijalani sebagai rasa cinta tanah air yang utama diatas kepentingan cinta pribadi,” imbuhnya.

Sejarah mencatat penunjukan Malahayati sebagai protokoler istana berkat kecerdasannya. Kemampuannya memimpin perang sejalan dengan kecerdasannya dalam mengurus maritim pada saat itu.

“Pada saat menjadi laksamana, komoditas ekonomi baik hasil bumi dan laut Aceh sangat berlimpah,” ungkap Don.

JIMI menilai kemampuan Malahayati melebihi kemampuan menteri maritim pada hari ini, itu artinya Malahayati sangat pantas dijadikan teladan dalam kemaritiman.

“Penyematan gelar pahlawan nasional bagi Malahayati tidak bisa ditawar lagi. Perjuangan beliau patut diapresiasi,” pungkas Don. (ls)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments from Facebook ()