Sunday, 20 August 2017

Lima Jenis Olahraga Ini Boleh Dilakukan Selama Puasa

Lima Jenis Olahraga Ini Boleh Dilakukan Selama Puasa

Jakarta, Swamedium.com – Banyak yang berasumsi olahraga selama puasa sebaiknya dihindari karena banyak menguras energi. Kalaupun mau berolahraga sebaiknya dilakukan menjelang berbuka puasa agar saat kehausan, waktu berbuka puasa sudah tiba dan bisa segera minum.

Pendapat itu tidak sepenuhnya salah sebab bila terlalu banyak berkeringat dikhawatirkan menjadi batal puasanya. Aktivitas fisik seperti olahraga di bulan puasa memang harus selektif. Tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan, tetapi menyetop sama sekali berolahraga juga kurang baik karena stamina tubuh bisa lemah.

Berikut ini klikdokter.com memberikan tips lima jenis olahraga yang ideal dilakukan pada bulan puasa:

1. Bersepeda

Saat puasa, pilihlah olahraga dengan intensitas ringan. Salah satunya adalah bersepeda. Bersepeda santai dapat membantu membakar kalori serta meningkatkan stamina.

Kalori yang terbakar selama sejam bersepeda santai: 300 kalori.

2. Berlari

Olahraga ini mudah, murah, dan dapat Anda lakukan di mana saja. Saat berpuasa, Anda dapat berlari paling tidak 30 menit untuk menjaga tubuh tetap bugar. Hindari lari dengan intensitas tinggi agar terhindar dari dehidrasi.

Kalori yang terbakar selama 30 menit berlari: 210 kalori.

3. Yoga

Tak hanya menjaga tubuh tetap fit, yoga juga dapat melatih pernapasan, menguatkan otot, dan meningkatkan konsentrasi. Namun, hindari yoga Bikram (yoga di ruangan bersuhu tinggi) saat berpuasa agar tidak dehidrasi.

Kalori yang terbakar selama sejam beryoga: 250 kalori.

4. Pilates

Pilates hampir mirip dengan yoga. Latihan ini tak hanya baik untuk memperbaiki postur tubuh, tetapi juga fleksibilitas. Selain itu, Pilates bukan jenis latihan berintensitas tinggi sehingga tak bikin mudah lelah dan haus.

Kalori yang terbakar selama sejam Pilates: 200 kalori.

5. Latihan sit-up, push-up, dan plank

Enggan absen olahraga saat Ramadan, tetapi juga tak ingin puasa batal gara-gara haus dan lemas? Cobalah latihan sederhana ini di rumah: sit-up, push-up, dan plank.

Meski sederhana, latihan ini sangat efektif untuk membangkitkan stamina. Lakukan selama 30 menit saja, dan jangan lupa pemanasan terlebih dahulu.

Berpuasa bukan jadi halangan untuk olahraga. Aktivitas fisik justru dapat membuat tubuh lebih fit dan segar dalam menjalani hari. Namun ingat, jangan terlalu memforsir diri Anda.

Jika mulai merasa kepala pusing, berkunang-kunang, atau lemas, segera hentikan latihan Anda. Imbangi olahraga dengan asupan nutrisi yang tepat sebagai sahur dan berbuka Anda dijamin puasa akan lebih fit! (maida)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments from Facebook ()