Monday, 26 June 2017

test banner samping
test banner samping

Pengacara Habib Rizieq: Penangguhan Visa Hak Prerogatif Saudi

Pengacara Habib Rizieq: Penangguhan Visa Hak Prerogatif Saudi

Foto: Penasehat hukum Habib Rizieq, Sugito Atmo Prawiro mengatakan penangguhan visa adalah prerogatif pemerintah Arab Saudi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Terkait rencana pihak Polda Metro Jaya yang akan mengajukan penangguhan visa Habib Rizieq Syihab kepada pemerintah Arab Saudi, penasihat hukum Sugito Atmo Prawiro mempersilahkannya. Namun, ia mengingatkan kewenangan itu berada di pemerintah Arab Saudi.

“Penangguhan habib itu hak polisi, tapi juga Saudi punya hak prerogatif terima atau tidak diterimanya surat oleh kepolisian. Itu wewenang sepenuhnya negara yang bersangkutan,” ucapnya.

Sugito berpendapat, pengajuan tersebut memerlukan alasan yang kuat. Bahkan, dia ragu pemerintah Arab Saudi akan memenuhi permintaan Polda Metro Jaya. Ia beralasan, perkara Habib Rizieq dinilai bukanlah perkara hukum.

“Proses yang sekarang ini dijalankan menurut kami itu kan sekadar rekayasa, jadi pihak Saudi pun belum tentu juga menyetujui,” tuturnya.

Sugito mengungkapkan, kalau dirinya tidak mengetahui persis masa berlaku visa Habib Rizieq di Arab Saudi. Ia juga mengaku belum memeriksa secara langsung paspor Habib Rizieq. Namun, Sugito memastikan, Habib Rizieq akan kembali ke tanah air dalam waktu dekat.

“Mengenai rencana itu habib tetap jalan. Habib sudah beli tiket, tapi harus saya cek lagi ke beliau,” kata Sugito.

Sugito menjelaskan, pihak penasihat hukum belum mengetahui tanggal kembalinya Habib Rizieq. Namun, iia memastikan Habib Rizieq akan mengumumkan kepulangannya kepada publik.

“Belum. Karena habib menginginkan pulang tidak secara tertutup, tapi harus dinyatakan secara terbuka karena kan ini sudah menjadi ramai di kalangan masyarakat,” pungkasnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *