Sunday, 20 August 2017

Pengamat Khawatir Ada Pertukaran Kasus Habib Rizieq dengan Ahok

Pengamat Khawatir Ada Pertukaran Kasus Habib Rizieq dengan Ahok

Foto: Habib Rizieq Syihab saat memberikan tausiah kepada warga Pulau Untung Jawa, Kep. Seribu di Masjid Al-Ihcsan. (majalahayah)

Jakarta, Swamedium.com — Pengamat hukum dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Umar Husein menyatakan, khawatir kasus Habib Rizieq hanya menjadi pertukaran kasus dengan kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ia mengatakan, sebenarnya yang mengetahui layak atau tidaknya seseorang menjadi tersangka adalah penyidik. Ia menambahkan, jika memang sudah ada dua alat bukti yang membuat Habib Rizieq menjadi tersangka, kepolisian harusnya segera melakukan gelar perkara.

“Dua alat bukti kalau sudah punya, ya sudah digelar (perkara) saja. Yang saya khawatir ini menjadi pertukaran kasus, artinya karena Ahok kalah dan masuk penjara maka golongan Habib Rizieq harus ada yang kena. Saya tidak menuduh ya, tapi saya mengkhawatirkan,” kata Umar seperti dikutip Republika, Rabu (7/6) malam.

Ia menuturkan, persoalan ini kemudian menjadi permasalahan yang berlarut-larut karena adanya ketidakterbukaan informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Hal tersebut diperparah dengan tingkat kepercayaan masyarakat menurun terhadap lembaga kepolisian.

“Seandainya pun benar apa yang dilakukan polisi, orang belum tentu percaya, apalagi yang enggak benar. Kasus apa saja ini ya, tidak hanya kasus Habib Rizieq, itu tidak akan serta merta diterima masyarakat sebagai sebuah kebenaran kecuali polisi bisa memperbaiki kinerjanya,” jelas Umar. (ls)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments from Facebook ()