Monday, 26 June 2017

test banner samping
test banner samping

Anies Dihadiahi Potongan Kiswah dari Area Multazam

Anies Dihadiahi Potongan Kiswah dari Area Multazam

Foto: Potongan Kiswah Ka'bah yang diserahkan ke Anies Baswedan. (Anies Baswedan Media Center)

Jakarta, Swamedium.com — Tidak banyak orang yang diberi kesempatan untuk menyentuh dinding Ka’bah. Gubernur DKI Jakarta Terpilih Anies Baswedan mendapatkan hadiah berharga usai diberi potongan kiswah (kain penutup Ka’bah) dan Alquran bercover kain serupa dari para ulama di Kota Mekkah.

Juru bicara Anies-Sandi, Naufal Firman Yursak mengatakan, ‎usai melaksanakan tarawih, Kamis (8/6) sekitar pukul 01.00 waktu setempat, Anies diundang jamuan makan malam dengan sejumlah ulama dan tokoh masyarakat kota Mekkah. Dalam pertemuan tersebut, banyak hal yang dibahas.

“Usai pertemuan, para ulama itu memberikan Pak Anies potongan kiswah,” ujarnya, Jumat (9/6).

Kiswah adalah selimut penutup Kakbah. Potongan yang diberikan kepada Anies adalah kaligrafi bertuliskan Yaa Hayyu Yaa Qayyum. Berukuran 80 cm x 60 cm. Selimut Kakbah itu dibuat dari sutera murni dengan warna hitam pekat. Sementara benang bordir kaligrafi terbuat dari semacam kawat lembut yang berlapiskan emas dan perak yang membentuk kaligrafi ataupun ornamen.

Foto: Anies Baswedan dihadiahi Kiswah. (Anies Sandi Media Center)

Yang menarik, lanjut Naufal, awalnya mereka tidak memberitahu dari bagian mana potongan kiswah tersebut. Setelah itu, baru diberitahu bahwa tulisan yang berarti Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri itu berasal di Multazam. Yakni area antara pintu Kakbah dan Hajar Aswad.

“Salah satu tempat mustajab untuk berdoa,” ucapnya.

Potongan Kiswah yang diberikan adalah dari salah satu tempat yang paling mustajab dan spot itu yang paling sering muncul dalam foto-foto Ka’bah.

Usai memberi kiswah, mereka pun berpesan kepada Anies. Pesannya adalah kiswah itu sebagai pengingat dari Baitullah bahwa manusia adalah makhluk. Dan harus beribadah kepada Allah.

“Yakni nanti saat bertugas menjadi Gubernur, apa yang dilakukan itu adalah bagian dari ibadah,” lanjut Naufal.

Tak hanya itu, Syekh Khalid al Hamudi, salah seorang ulama terkemuka Mekkah juga memberikan satu set Alquran. Alquran tersebut juga spesial karena cover-nya juga bagian dari kiswah. Aromanya pun angat khas parfum Kakbah.

“Pesannya juga ‎agar selalu mengamalkan Alquran,” ujar Naufal lagi. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *