Monday, 23 October 2017

Toyota Motors Gandeng Linux, Begini Komentar COO Blackberry

Toyota Motors Gandeng Linux, Begini Komentar COO Blackberry

Foto : Blackberry QNX yang sebelumnya diterapkan pada mobil Toyota untuk sistem infotainmen.(ist)

Waterloo, Swamedium.com — Adanya rencana Toyota Motors akan mengadopsi Automotive Grade Linux (AGL) untuk perangkat sistem infotainmen pada produk terbarunya, Toyota Camry, membuat pihak Blackberry sebagai vendor yang lebih dulu bekerja sama dengan Toyota, memberikan reaksi.

Menurut Chief Operating Officer (COO) Blackberry Marty Beard mengatakan, BlackBerry QNX tidak bergantung pada bisnis Toyota.

“Perangkat lunak kami telah digunakan oleh Toyota untuk kendaraan pilihannya selama empat tahun terakhir, termasuk yang digunakan pada sistem Entune sebagai add-on atau extension box dari salah satu suplier Toyota,” kata Beard.

Beard juga menjelaskan, Entune menawarkan fitur seperti percakapan handsfree bluetooth dan pengenalan suara, streaming musik, dan penggunaan aplikasi. Tapi, kata Beard, Entune bukanlah sistem infotainmen mobil utama untuk Toyota – ini hanyalah salah satu dari komponennya.

“Jaringan kami yang sebenarnya adalah bisnis sistem infotainmen kendaraan dengan Toyota yang terfokus pada beberapa niche (ceruk). Sementara itu, kami adalah pemasok sistem infotainmen kendaraan yang terkemuka untuk lebih dari 40 pembuat mobil dan pemasok mobil Tier 1 lainnya, termasuk Honda, Subaru, General Motors, Fiat-Chrysler, BMW, dan, tentu saja, Ford Motors,” jelasnya.

Beard juga berpendapat, tidak ada masalah dengan AGL pada produk terbaru Toyota. Menurutnya, pangsa pasar AGL berbeda dengan Blackberry QNX.

“Kami setuju (dengan Toyota Motors mengadopsi) AGL, seperti Linux dan Android pada umumnya, akan memiliki pangsa pasar tersendiri dalam (sistem) infotainmen otomotif. Namun, tidak satu pun dari platform penantang (AGL) ini yang mendekati sisi teknologi BlackBerry QNX pada modul keselamatan kritis, karenanya pertumbuhan area (pasar) kami lebih cepat daripada (sistem) infotainmen di mobil yang didefinisikan (melalui) perangkat lunak modern,” pungkas Beard. (rk)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)