Sunday, 20 August 2017

Dugaan Kriminalisasi Ulama, Komnas HAM Sambangi Menko Polhukam

Dugaan Kriminalisasi Ulama, Komnas HAM Sambangi Menko Polhukam

Foto: Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. (Nael/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyambangi Kantor Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam)‎. Kehadiran Komnas HAM untuk menyampaikan laporan dari Presidium Alumni 212.

‎”Mereka menyampaikan persoalan yang dihadapi para ulama, aktivis, dan beberapa orang termasuk kebebasan berserikat oleh organisasi yang namanya HTI,” ujar Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (9/6).

Terkait laporan Presidium Alumni 212 terkait dugaan kriminalisasi terhadap ulama dan aktivis Islam, Pigai mengatakan pihaknya telah melakukan penyelidikan untuk mengumpulkan sejumlah fakta dan data. Pigai juga menjelaskan, rekomendasi belum akan dikeluarkan karena pihak Presidium Alumni 212 mengedepankan proses mediasi lebih dulu dengan pemerintah.

“Setelah itu dalam proses ini kami belum mengeluarkan rekomendasi. Rekomendasi sementara kami tahan karena Presidium 212 dan pengacaranya meminta supaya Komnas HAM memediasi dengan pemerintah,” ujarnya.

Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut laporan Presidium Alumni 212 dan juga berdasarkan penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM, kata Pigai, Komnas HAM berinisiatif menemui beberapa pihak terkait antara lain Menko Polhukam, Kapolri, Jaksa Agung, Mendagri dan sejumlah lembaga di bawah koordinasi Kemenko Polhukam.

“Pertemuan ini hanya untuk menyampaikan bahwa negara atau pemerintah harus ambil langkah progresif ciptakan kedamaian antara pemerintah dengan komunitas muslim‎,” pungkasnya. (*/ls)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments from Facebook ()