Tuesday, 12 December 2017

Manfaat Telur Bagi Tubuh yang Tak Terpikirkan

Manfaat Telur Bagi Tubuh yang Tak Terpikirkan

Jakarta, Swamedium.com – Sesungguhnya telur merupakan bahan pangan yang harganya relatif murah, mudah dijumpai dan mengandung protein tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya, tingkat konsumsi telur di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara lain, bahkan negara tetangga.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian di tahun 2015, konsumsi telur masyarakat Indonesia rata-rata berkisar 6,09 kg/kapita/tahun atau kisaran 110 butir/kapita/tahun. Angka ini masih sangat rendah bila dibanding dengan tingkat konsumsi telur di negara lainnya.

Malaysia, misalnya, tingkat konsumsi telurnya mencapai 311 butir/kapita/tahun. India tingkat konsumsinya mencapai 175 butir/kapita/tahun. Begitu pula, bila dibandingkan dengan Filipina, Thailand, bahkan Vietnam, Indonesia yang paling rendah.

Tidak diketahui pasti penyebab rendahnya tingkat konsumsi telur kita. Sebagian orang menganggap telur membuat kolesterol tinggi. Padahal, si lonjong ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat telur bagi tubuh yang diinfokan oleh klikdokter;

• Manfaat untuk rambut

Satu butir telur mengandung protein dengan kadar yang cukup tinggi. Dalam tubuh kita, protein sangat diperlukan untuk membanngun sel-sel tubuh, termasuk pembentukan otot dan pertumbuhan rambut.

Jika ingin memiliki rambut sehat dan tebal, telur dapat dijadikan salah satu pilihan dalam pemenuhan nutrisi harian. Tidak hanya untuk dikonsumsi, namun telur juga dapat dijadikan salah satu bahan pembuatan masker rambut untuk mengoptimalkan kilaunya.

• Manfaat untuk mata

Fungsi pengelihatan mata dipegang oleh sel-sel saraf dalam suatu area yang dinamakan retina. Sayangnya, penuaan dan paparan terhadap radikal bebas banyak mengakibatkan kerusakan atau degenerasi pada area ini sehingga fungsi pengelihatan seseorang akan terganggu.

Konsumsi telur ternyata dapat menghambat proses kerusakan tersebut. Kandungan dua antioksidan dalam telur, lutein dan zeaxanthin, terbukti secara ilmiah memperbaiki kerusakan di retina.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)