Monday, 26 June 2017

test banner samping
test banner samping

Manfaat Telur Bagi Tubuh yang Tak Terpikirkan

Manfaat Telur Bagi Tubuh yang Tak Terpikirkan

Jakarta, Swamedium.com – Sesungguhnya telur merupakan bahan pangan yang harganya relatif murah, mudah dijumpai dan mengandung protein tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya, tingkat konsumsi telur di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara lain, bahkan negara tetangga.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian di tahun 2015, konsumsi telur masyarakat Indonesia rata-rata berkisar 6,09 kg/kapita/tahun atau kisaran 110 butir/kapita/tahun. Angka ini masih sangat rendah bila dibanding dengan tingkat konsumsi telur di negara lainnya.

Malaysia, misalnya, tingkat konsumsi telurnya mencapai 311 butir/kapita/tahun. India tingkat konsumsinya mencapai 175 butir/kapita/tahun. Begitu pula, bila dibandingkan dengan Filipina, Thailand, bahkan Vietnam, Indonesia yang paling rendah.

Tidak diketahui pasti penyebab rendahnya tingkat konsumsi telur kita. Sebagian orang menganggap telur membuat kolesterol tinggi. Padahal, si lonjong ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat telur bagi tubuh yang diinfokan oleh klikdokter;

• Manfaat untuk rambut

Satu butir telur mengandung protein dengan kadar yang cukup tinggi. Dalam tubuh kita, protein sangat diperlukan untuk membanngun sel-sel tubuh, termasuk pembentukan otot dan pertumbuhan rambut.

Jika ingin memiliki rambut sehat dan tebal, telur dapat dijadikan salah satu pilihan dalam pemenuhan nutrisi harian. Tidak hanya untuk dikonsumsi, namun telur juga dapat dijadikan salah satu bahan pembuatan masker rambut untuk mengoptimalkan kilaunya.

• Manfaat untuk mata

Fungsi pengelihatan mata dipegang oleh sel-sel saraf dalam suatu area yang dinamakan retina. Sayangnya, penuaan dan paparan terhadap radikal bebas banyak mengakibatkan kerusakan atau degenerasi pada area ini sehingga fungsi pengelihatan seseorang akan terganggu.

Konsumsi telur ternyata dapat menghambat proses kerusakan tersebut. Kandungan dua antioksidan dalam telur, lutein dan zeaxanthin, terbukti secara ilmiah memperbaiki kerusakan di retina.

Tak hanya itu, antioksidan dalam telur juga membantu menurunkan risiko katarak dan melindungi fungsi mata secara keseluruhan. Sementara itu kandungan vitamin A dalam telur juga turut menjaga ketajaman penglihatan dan melindungi mata dari kerusakan.

• Manfaat untuk otak

Untuk bekerja dengan baik, sel-sel saraf di otak membutuhkan suatu senyawa bernama kolin sebagai zat pembangun dan penunjang kerja. Studi membuktikan bahwa 90% orang kekurangan senyawa yang sangat berharga ini.

Untuk mencukupi kebutuhan harian, Anda bisa memasukkan telur ke dalam menu makanan harian. Dalam sebutir telur terkandung 100 gram kolin.

• Manfaat untuk jantung

Sebagian telur yang dijual di pasaran telah diperkaya dengan kandungan omega-3. Senyawa yang satu ini merupakan lemak baik yang mampu memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Semakin tinggi kadar lemak baik dalam tubuh, semakin rendah risiko penyakit jantung menghampiri di kemudian hari. Jadi jangan ragu mengonsumsi telur bila ingin jantung tetap terjaga sehat kini dan nanti.

• Manfaat untuk kulit

Seperti telah disebutkan sebelumnya, telur merupakan sumber protein yang amat baik. Salah satu jenis protein yang dikandungnya adalah kolagen dan elastin. Dua protein ini memegang peranan yang sangat besar dalam menjaga kekencangan, kelembutan kulit dan melawan proses penuaan dini.

• Manfaat untuk kuku

Kandungan lain yang tidak kalah penting dalam sebutir telur adalah vitamin D, asam amino, zat besi dan zinc. Faktanya keseluruh nutrient ini adalah zat pembangun yang berkontribusi dalam kesehatan kuku.
Jadi dengan mengonsumsi sebutir telur, tidak hanya kesehatan organ dalam tubuh saja yang terjaga, namun juga bagian terluar tubuh yang sering kali luput dari perawatan kita, yakni kuku.

Tapi bagaimana dengan anggapan yang menuding telur sebagai biang kerok kolesterol tinggi? Berdasarkan suatu penelitian, konsumsi telur yang wajar umumnya tidak akan meningkatkan kadar kolesterol darah seseorang.

Berapa banyak konsumsi telur yang wajar? Konsumsi telur yang dianggap wajar adalah satu butir telur sehari. Bahkan salah satu studi menunjukkan konsumsi 3 butir per hari pun masih dianggap aman pada individu yang tidak memiliki kecenderungan kolesterol tinggi.

Melihat rendahnya risiko kolesterol yang sebenarnya dan banyaknya manfaat telur, maka tidak ada salahnya memasukkan bahan makanan yang satu ini dalam menu harian Anda. Selain mudah didapat, telur juga nikmat dan mudah diolah.(maida)

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *