Tuesday, 21 November 2017

Beras untuk Somalia, Kerja ACT yang Diklaim Pemerintah

Beras untuk Somalia, Kerja ACT yang Diklaim Pemerintah

Foto: 1000 ton beras untuk Somalia, sebuah kerja nyata ACT yang diklaim oleh pemerintah. (Instagram Kementerian Pertanian)

Jakarta, Swamedium.com — Dua hari yang lalu atau tepatnya, Jumat (9/6) akun Instagram Kementerian Pertanian mengunggah sebuah foto yang memuat program kerja “Beras Untuk Somalia”. Namun belakangan diketahui, program tersebut adalah milik sebuah lembaga kemanusiaan di Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Sontak, warganet pengguna Instagram, mengomentari unggahan tersebut. Dan sebagian besar mereka mengomentari bahwa Pemerintah telah melakukan klaim sepihak terhadap kerja nyata yang dilakukan ACT lewat program “ACT For Humanity”.

“Pembuat HOAX terbaik adalah Pemerintah ! Ini program ACT Indonesia mengumpulkan sumbangan beras dari rakyat Indonesia utk rakyat Somalia kalian klaim sbg program Pemerintah melalui Kementerian Pertanian, kalian betul2 menguji kesabaran di Ramadhan ini. Shame on you !,” kata akun alan_piliang.

“#kapalkemanusiaan….utk Bapak2 Dan Ibu2 @kementerianpertanian mbok ya jangan Klaim kerjaan orang lain…berasnya juga bukan dari kalian tapi dari Rakyat Indonesia, tolong dicatat yah…,” lanjut akun r00d33Bravo.

“Kenapa tidak ada logo @berbagi_bahagia ? #aksicepattanggap. Penghargaan setinggi2nya bagi @actforhumanity dan seluruh donatir. Thx too @kementerianpertanian meski tak nampak logo #aksicepattanggap,” tulis elfalasteen.

“Yang gerak, ngecrek, bawa2 kardus di lampu merah ,buka2 stand siapa …Yg posting keberhasilan nya siapaaa …. enak ya jadi pemerintah,” tulis akun arwani_muhamad.

Bahkan beberapa warganet lainnya, ada yang menantang admin akun itu, jika memang benar program tersebut adalah program pemerintah, dia meminta agar admin mengunggah foto-foto saat pendistribusian beras tersebut di Somalia.

“Alhamdulillah pemerintah merespon baik pasca aksi @actforhumanity di Somalia. Barakallah, Indonesia! Semoga semakin luas dan merata menjangkau saudara kita yang butuh kepedulian. Ditunggu release dan dokumentasi distribusinya di Somalia ya, Bapak Ibu @kementerianpertanian,” ujar akun cannyvernonAaa.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (3)

3 Comments

    1. Truth Servant

      @Umarmiah: Harus diakui ada kesalahan dalam gambar tersebut, tidak sepantasnya ditulis bantuan dari “pemerintah Indonesia”, lebih tepat “bangsa Indonesia” atau “rakyat Indonesia”. Kalau salah, ya harus dikatakan salah. Cuma menurut saya, kita juga jangan terlalu menggeneralisir, jangan karena satu kesalahan kita menutup mata atas banyak kebaikan yang dilakukan pemerintah. Contoh ketika pemerintah memberi bantuan 5000 ton untuk raykat Sri Lanka, tidak ada pujian kita pada pemerintah. Tetapi kenapa karena kesalahan kecil begini kita langsung menghakimi pemerintah? Menurut saya, itu tidak proporsional. Sebagai orang beragam, kita harus adil menilai keadaan, jangan terlalu menjatuhkan, dan jangan terlalu meninggi-ninggikan. Salam.

      Reply
      1. lucky subiakto

        tidak ada yang mengeneralisir, berita ini mengungkap fakta klaim sepihak oleh pemerintah terhadap program kerja ACT “Beras untuk Somalia”
        bukan tentang yang lain. Trims.

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)