Monday, 23 October 2017

Jakarta Segera Miliki Rusunami yang Terintegrasi Dengan Stasiun KA

Jakarta Segera Miliki Rusunami yang Terintegrasi Dengan Stasiun KA

Jakarta, Swamedium.com – Perum Perumnas bulan ini akan memulai pembangunan hunian berkonsep Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) di area yang dekat dengan stasiun kereta api. Pembangunan awal akan mulai di Stasiun Tanjung Barat dan Stasiun Pondok Cina, Jakarta.

Perumnas berencana membangun 1.500 unit Rusunami di Stasiun Tanjung Barat dan 2.000 unit di Stasiun Pondok Cina bulan ini. Pembangunan hunian yang terintegrasi dengan stasiun kereta api diharapkan bisa mempermudah mobilitas masyarakat perkotaan yang tinggi.

“Kalau tinggal di dekat stasiun seperti ini kan bisa langsung menggunakan transportasi massal kereta api,” jelas Direktur Pemasaran Perumnas, Muhammad Nawir yang dilansir detikFinance, Jakarta, awal pekan ini.

Selain itu, masyarakat juga bisa tinggal di lokasi yang strategis yang tidak terlalu jauh dari jantung ibu kota Jakarta. Terlebih lagi masa kepemilikan rusun hingga 50 tahun.

Menurut Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, pembangunan ini merupakan langkah awal Indonesia dalam membangun hunian dekat dengan akses transportasi. Sebelumnya, tempat tinggal dekat stasiun kereta api sudah lazim ditemukan di beberapa negara Asia seperti China dan Hong Kong.

“Sudah banyak, di Hong Kong, Taiwan, China begitu mereka,” ujar Djoko.

Pembangunan hunian dekat dengan sarana transportasi umum banyak dilakukan di negara yang jumlah penduduknya banyak. Selain itu, hunian dengan konsep TOD juga menjadi solusi atas penyediaan tempat tinggal yang terjangkau bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

“Kalau Asia kan padat ya, kalau kita kan punya menengah ke bawah,” tutur Djoko.(maida)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)