Wednesday, 18 October 2017

Datangi Pasar Kramat Jati, Anies Ingatkan Pentingnya Mitigasi

Datangi Pasar Kramat Jati, Anies Ingatkan Pentingnya Mitigasi

Foto: Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan kunjungi lokasi kebakaran pasar induk Kramat Jati. (Anies Sandi Media Center)

Jakarta, Swamedium.com — Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan meninjau lokasi kebakaran Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (12/6). Saat tiba di lokasi, Anies langsung menghampiri puing-puing kios pedagang yang hangus terbakar.

Di depan sebuah kios cabai merah yang terbakar, Anies berdialog dengan beberapa pedagang yang kiosnya menjadi korban kebakaran. Anies menyampaikan rasa simpatinya kepada para pedagang.

“Yang sabar ya, pak,” kata Anies kepada seorang pedagang.

Selain dengan pedagang, Anies juga berdialog dengan pihak PD Pasar Jaya, pengelola pasar Kramat Jati.

“Saya melihat di sini lokasi kebakaran. Kami turut berduka cita dan simpati kepada teman pedagang yang mengalami musibah ini. Saya sampaikan tadi yang sabar dan insya allah segera recovery,” tambahnya.

Anies memahami bagaimana musibah kebakaran ini terasa sangat berat bagi pedagang. Terlebih saat ini merupakan momen di mana pedagang sedang menambah persediaan untuk logistik Idul Fitri. “Kalau dari segi aset inventory-nya lagi gede pas terjadi kebakaran karena mendekati lebaran,” papar Anies.

Menurut Mantan Mendikbud itu musibah kebakaran memiliki pelajaran tersendiri yang harus dipahami pengelola pasar dan pedagang. Khususnya mengenai mitigasi bencana kebakaran dan pencegahanannya.

“Musibah ini punya pelajaran bahwa mitigasi itu penting terutama pengaturan listrik,” kata pasangan dari Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI 2017 itu.

Mitigasi terhadap kelistrikan memang merupakan hal kecil. Namun hal ini menjadikan keselamatan aset sangat penting.

“Begitu safety bermasalah urusan yang lain rusak dan ini pelajaran bagi semua pasar. Pedagang pastikan listriknya mati kalau tokonya ditutup. Pastika alat-alat berpotensi kebakaran berfungsi tanpa kontrol kemudian merokok pastikan aman dan jangan membuang sembarangan,” tuturnya.

Selain itu, Anies mengapresiasi langkah PD Pasar Jaya yang bertindak cepat untuk mempersiapkan lapak berjualan sementara yang terletak tak jauh dari lokasi kebakaran. Lapak tersebut direncanakan selesai dibangun dalam seminggu. Namun PD pasar Jaya memiliki target, kios rampung dalam 2-3 hari.

“Dan kita apresiasi Pd Pasar Jaya mempersiapkan lapak berjualan sementara yang tidak jauh dari lokasi sehingga dengan begitu pembeli yang sudah berlangganan bisa menemukan kembali langganannya dengan mudah,” ujarnya. (*/ls)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)