Monday, 26 June 2017

test banner samping
test banner samping

[Foto] Geliat Ramadhan Umat Muslim Indonesia di Wellington

[Foto] Geliat Ramadhan Umat Muslim Indonesia di Wellington

Wellington, Swamedium.com — Umat Muslim Indonesia (UMI) di Wellington, New Zealand (NZ), Sabtu (10/6) mengadakan acara buka bersama di Wellington Bridge Club. UMI adalah organisasi keluarga muslim di Wellington, New Zealand yang rutin mengadakan acara keislaman. Organisasi yang berkantor di Newlands Community Centre, 9 Batchelor St, Newlands, Wellington 6037 saat ini diketuai oleh Wira, mantan student yang tinggal di Wellington menemani istrinya yang sedang study di NZ.

Selama ini UMI bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendatangkan ulama-ulama Indonesia ke Wellington. Biasanya ustadz dari Indonesia diundang untuk beberapa minggu ke NZ sambil berdakwah di berbagai kota seperti Wellington dan Auckland. Kehadiran ulama dari Indonesia difasilitasi oleh beberapa permanen resident yang sudah mapan di NZ.

Organisasi yang salah satu kegiatannya adalah pesantren liburan anak-anak ini, kali ini mengundang Prof. DR. KH Ahmad Imam Mawardi, dosen UIN Sunan Ampel, Surabaya sebagai penceramah. Acara mingguan di Bulan Ramadhan yang diberi nama Tarling (Taraweh keliling) Wellington Raya kali ini dilaksanakan di Wellington Bridge Club, Wellington.

Dalam tausiahnya, pemilik sekaligus pengasuh Ponpes Alif Laam Mim, Surabaya ini menyampaikan tentang makna hidup dan keistimewaan Al Quran. Bahwa ujian dan kesuksesan bagi seorang muslim adalah bagian dari perjalanan hidup. Demikian juga rezeqi dan taqdir, sehingga seorang muslim tidak akan pernah stress, karena selalu ingat pada Sang Khaliq Yang Maha Kuasa.

Bahwa Allah Swt telah mengatur rezeqi mahkluknya, sehingga jika memang sudah rezekinya, maka sering tidak disangka akan diterima juga. Demikian sebaliknya jika belum rezekinya, maka diusahakan dengan berbagai cara tidak juga diperoleh. Namun demikian, sebagai seorang muslim, maka harus tetap berikhtiar dan mengupayakannya. Untuk hasil akhirnya, maka muslim harus tawakkal.

Rahasia kebenaran Rasullah adalah beliau selalu “memberi” dan berupaya untuk berbuat baik bagi orang lain (umat). Kebiasaan tersebut diikuti oleh para sahabat, seperti Usman bin Affan dan Abu Bakar As Sidiq. Para sahabat Nabi tersebut kalau bersedekah tidak pernah berfikir panjang. Bahkan seringkali separuh harta mereka diberikan kepada orang yang memerlukan. Tingkat keiman mereka tidak ada bandingnya.

Alquran memiliki berbagai khasiat dan mukjizat, dimana banyak orang Eropa masuk islam karena membaca dan meneliti kandungannya. Dengan membaca Alquran secara konsisten, InsyaAllah hidup akan tenteram dan berkah. Salah satu kegiatan Ramadhan UMI adalah gerakan membaca Al Qur’an 30 Juz yang dibagi kepada para keluarga muslim masing-masing satu juz atau lebih yang dibagi lagi kepada anggota keluarga.

Untuk ibadah Ramadhan, biasanya UMI mengadakan Sholat Tarawih, Takbiran, dan Sholat Idul Fitri. Berbagai menu makanan disediakan oleh ibu-ibu UMI, yaitu masakan selera Nusantara yang terbilang langka di New Zealand. Ada nasi, soto Betawi, rendang, bumbu Bali, sayur urap, ayam goreng, dan kerupuk. Makanan selera Nusantara yang khusus disiapkan oleh ibu-ibu UMI menjadi undangan yang sulit ditolak bagi warga Indonesia di NZ, khususnya para student Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Negeri Kiwi.

Penulis: Dedy Eryanto (PhD Student Victoria University of Wellington).

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *