Monday, 11 December 2017

Ini Alasannya Kenapa Mulut Harus Tetap Bersih Selama Berpuasa

Ini Alasannya Kenapa Mulut Harus Tetap Bersih Selama Berpuasa

Jakarta, Swamedium.com – Meski sedang menjalankan ibadah puasa, kebersihan mulut harus tetap terjaga. Sebab, kebersihan mulut ini berhubungan erat dengan pencegahan penyakit gangguan mulut dan tenggorokan.

Bila mulut bersih, bau mulut yang menyengat selama berpuasa juga bisa berkurang. Saat berpuasa, risiko kotaminasi kuman penyebab infeksi tenggorokan maupun daerah mulut menjadi lebih tinggi. Hal itu karena berkurangnya produksi air liur yang berperan sebagai antiseptik alami dalam mulut.

Dengan berkurangnya produksi air liur, mulut menjadi lebih kering sehingga kuman lebih mudah berkembang biak. Keadaan ini yang dapat menyebabkan risiko infeksi pada mulut meningkat.

“Pada saat puasa, jumlah air liur di mulut kita berkurang karena adanya kekurangan asupan cairan, sehingga kontaminasi bakteri dan virus semakin mudah terjadi,” kata Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI/RSCM, dr. Syahrial M. Hutauruk, SpTHT-KL(K), di Jakarta yang dilansir inilah.com, baru – baru ini.

Syahrial mengatakan gangguan infeksi ini dapat menyebabkan bau mulut, sariawan, sakit tenggorokan, bahkan influenza saat berpuasa.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan dengan menggunakan antiseptik dua kali sehari untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur di daerah mulut dan tenggorokan.

Jadi, selain menggosok gigi Anda seusai berbuka puasa, tambah dengan menggunakan cairan antiseptik yang banyak dijual di toko untuk berkumur. Selain membuat aroma mulut lebih segar, antiseptik ini juga bermanfaat bagi kesehatan mulut. (maida)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)