Monday, 11 December 2017

Komunitas Warteg Suroboyo Bagikan Nasi Bungkus untuk Pekerja Jalanan

Komunitas Warteg Suroboyo Bagikan Nasi Bungkus untuk Pekerja Jalanan

Foto: Komunitas Warteg Suroboyo bagikan nasi gratis ke pekerja jalanan. (Yetty/jurnalis warga/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com — Kalau mendengar istilah “warteg” pasti yang ada di benak kita adalah warung tegal atau warung yang biasa menjual kopi dan nasi bungkus. Namun, ternyata bukan itu yang tergambar dari komunitas ini.

Sekalipun istilah warteg sangat familiar ditelinga kita, komunitas warteg ini bergerak di bidang sosial yaitu dengan berbagi nasi bungkus.

Ide komunitas ini tiba-tiba tercetus saja oleh pria yang bernama lengkap Febriyan Adiarsa tepatnya pada bulan September 2016 yang lalu. Berawal dari rasa iba yang senantiasa mendera ketika disepanjang perjalanan berangkat ketempat kerja, kemudian melihat orang-orang yang ia temui mulai dari tukang sapu jalanan, tukang becak, tukang angkut sampah dan lainnya.

Melihat pemandangan itu, ada pertanyaan yang timbul, “Sepagi ini, mereka apa yah sudah sarapan?” dalam hatinya sambil mengenang.

Ternyata komunitas ini dibentuk bukan hanya dari rasa kemanusiaan yang tiba-tiba timbul begitu saja. Pria yang akrab dengan panggilan Febri ini pernah menyimpan kisah pedih.

“Saya teringat dengan masa lalu saya, terlahir dari keluarga yang tidak mampu karena ditinggal oleh ayah sewaktu saya masih balita. Masa sulit yang dihadapi oleh keluarga, yang terkadang makanpun belum tentu sehari 3 kali,” kenang pria yang saat ini bekerja sebagai Staf di Laboratorium Pramita Surabaya ini.

“Masa pahit yang saya rasakan ini, pada akhirnya membuat saya jadi iba ketika melihat orang- orang yang tidak mampu, dan menginisiasi saya untuk membuat gerakan berbagi nasi bungkus dan hingga membentuk sebuah komunitas,” imbuhnya.

Febri juga mengingat ada sebuah hadist Rasulullah, “Siapa pun mukmin memberi makan mukmin yang kelaparan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan surga. Siapa pun mukmin yang memberi minum mukmin yang kehausan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya minum dari minuman surga. Siapa pun mukmin memberi pakaian mukmin lainnya supaya tidak telanjang, pada hari kiamat nanti, Allah akan memberinya pakaian dari perhiasan surga.” (HR. Tirmidzi).

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)