Saturday, 25 November 2017

BIN Bantah Sebarkan ‘Chat’ Habib Rizieq

BIN Bantah Sebarkan ‘Chat’ Habib Rizieq

Foto: Badan Intelijen Negara (BIN). (ilustrasi/ist)

Jakarta, Swamedium.com — Badan Intelijen Negara (BIN) mengklarifikasi terkait kabar penyebaran percakapan (chat) yang diduga berkonten pornografi antara Habib Rizieq Syihab dan Firza Husain.

“Tudingan itu tidak benar. BIN tidak berkepentingan dalam kasus RS (Rizieq Syihab),” ujar Deputi VI BIN Sundawan Salya melalui keterangan tertulisnya, Selasa (13/6).

Sundawa mengatakan, tudingan bermula dari unggahan blog analisabaladacintarizieq.blogspot.com yang menyebut BIN adalah pelaku penyebar chat itu. Atas tuduhan tersebut, lanjut Sundawa, penyebarnya bisa dikenakan Pasal 311 KUHP tentang fitnah.

Sundawa juga menjelaskan, kasus chat tersebut adalah masalah pidana yang merupakan domain kepolisian. Sehingga penyelesaiannya pun, kata Dia, kepolisian yang memiliki wewenang.

“Penyelesaiannya berada di wilayah kepolisian,” jelas dia.

Terkait nama seseorang yang beralamat mirip dengan Kantor BIN, pihaknya juga membantah hal itu. Dalam unggahan blog itu, disebut nama Irfan Miftach, dan untuk hal ini, BIN membantah mengenal pria tersebut. Menurut Sundawa, apa yang dilakukan Irfan adalah tanggung jawab pribadi.

“BIN tidak mengenal Irfan, sehingga apa yang dilakukan oleh Irfan, adalah tanggung jawab pribadi. BIN tidak ada sangkut paut,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sundawa, Irfan melalui situs chaos.id telah mengklarifikasi bahwa dia tidak membuat situs baladacintarizieq. Irfan hanya melakukan mirroring pada situs tersebut.

“Dia (Irfan) sudah menjelaskan kalau itu mirroring,” pungkasnya. (ls)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)