Saturday, 25 November 2017

Hersubeno: Teknik Makan Bubur Panas Ala Jokowi

Hersubeno: Teknik Makan Bubur Panas Ala Jokowi

Foto: Ilustrasi (ist)

Oleh : Hersubeno Arief

Jakarta, Swamedium.com — Presiden Jokowi baru saja menghabiskan akhir pekannya di Tasikmalaya dan Ciamis, Jawa Barat. Seperti biasa kunjungan yang dilakukan Jumat-Sabtu (9-10/6) mengundang kehebohan.

Mulai dari bagi-bagi sepeda, sampai sepatu yang dikenakan Jokowi menjadi sorotan dan viral di media sosial.

Jokowi tampil seperti biasa dengan pakaian kebesarannya, kemeja putih tangan panjang digulung. Yang agak berbeda adalah celana jeans dan sepatu _sneaker_ yang dikenakan.

Sebuah media menyebut sepatu yang dikenakan Jokowi adalah merk *Nike Lunarepic Low Flyknit 2*. Keluaran tahun 2017, sepatu yang biasa digunakan untuk lari itu dibanderol dengan harga sekitar USD 130-140 atau sekitar Rp 2 juta. Harga yang lumayan “mahal” jika dibandingkan dengan sepatu produksi Cibaduyut.

Seorang Presiden bertemu dengan warganya, sesungguhnya adalah hal yang biasa. Namun kunjungan ke Tasikmalaya dan Ciamis yang dikenal sebagai daerah basis santri itu, tentu bukanlah sekedar kunjungan biasa.

Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan menyebut kunjungan Jokowi dimaksudkan sebagai upaya penguatan nilai dan peran Pancasila. Sebab di kedua wilayah tersebut banyak potensi radikal yang mengarah ke intoleransi.

Diksi yang dipilih oleh Kapolda Jabar “radikal” dan “intoleran” cukup menarik. Radikal dan intoleran adalah stigma yang dalam beberapa bulan terakhir sedang coba disematkan oleh penguasa, terutama aparat kepolisian dalam menghadapi berbagai aksi umat Islam menuntut keadilan, khususnya kasus penistaan agama oleh Ahok.

Presiden Jokowi sendiri tidak secara tegas menggunakan diksi itu. Hanya saja dalam sambutannya ketika didaulat seusai menunaikan salat Jumat di masjid Agung Kota Tasikmalaya, Presiden mengingatkan pentingnya menjaga keberagaman. Ratusan suku, bahasa, ribuan pulau, kata Presiden, adalah anugerah dari Allah SWT yang harus dijaga.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)