Monday, 26 June 2017

test banner samping
test banner samping

BI KPW Jakarta Janjikan Inflasi di Bawah 1 Persen

BI KPW Jakarta Janjikan Inflasi di Bawah 1 Persen

Jakarta, Swamedium.com — Memasuki masa libur lebaran, Bank Indonesia Kantor Perwakilan DKI Jakarta (BI KPW DKI) mengantisipasi pergerakan harga yang signifikan, mengingat konsumsi akan semakin naik dan permintaan yang melonjak.

Untuk itu, BI KPW DKI Jakarta menargetkan inflasi pada Juni 2017 dapat berada di bawah 1 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BI KPW DKI Donny Joewono, di Jakarta, Rabu (14/6) malam. Pihaknya optimistis bahwa inflasi bisa mencapai 0,8% – 0,9%.

“Itu BI melihat jika bisa di bawah 1% artinya upaya semua pihak berhasil,” kata Donny.

Dia mengatakan, untuk mencapai target tersebut, Pemerintah Provinsi yang memiliki Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sudah mengisi pasokan pangan agar tetap terkendali sampai H-7 Idul Fitri.

“Selain itu Pemerintah pusat juga punya gerakan untuk stabilisasi harga pangan. Koordinasi dengan Jakarta sudah bagus,” kata dia.

Menurut Donny sinergi antar pemerintah sudah lebih baik. Kemudian satuan tugas (Satgas) pangan juga sudah berhasil. Target inflasi nasional tahun ini adalah 4,5+-1%.

Sementara itu, ia menjelaskan, hingga 2 minggu Ramadhan harga masih tergolong stabil dan belum ada permintaan yang signifikan.

“Kami masih pantau harga, masih stabil. Kemarin mereka masih tunggu uang THR, minggu ini harga telur, daging masih cukup stabil,” kata Donny.

Dia mengatakan, memang ada sedikit kenaikan pada harga bawang merah, namun tidak pada bawang putih.

Donny menyebut, data inflasi pangan sudah lebih baik dari periode sebelumnya. Biasanya inflasi Jakarta menjelang lebaran bisa 1%.

“Dibandingkan tahun lalu, di dua pekan pertama harga-harga sudah naik, sekarang masih stabil karena pasokan yang baik dan Satgas pangan ‘hajar’ yang timbun, semua orang dan Kepolisian terlibat agar komoditas tidak naik,” jelas dia. (Ima)

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *