Friday, 24 November 2017

Delapan Bahaya Mengonsumsi Gula Berlebihan

Delapan Bahaya Mengonsumsi Gula Berlebihan

Jakarta, Swamedium.com – Permintaan gula saat Ramadhan dan Lebaran ini melonjak naik karena konsumsinya bertambah lebih banyak dibandingkan hari biasa. Ini disebabkan saat berpuasa banyak yang mengonsumsi makanan dan minuman yang serba manis, seperti kolak, biji salak hingga aneka makanan kecil dan kue yang semua serba manis.

Makanan dan minuman yang manis memang terasa enak di lidah, tetapi mengonsumsi gula berlebihan bisa meningkatkan berat badan. Bukan hanya itu, ada banyak ancaman lain dari gula bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

1. Resiko Penyakit Jantung
Sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa konsumsi gula berlebih mampu mengganggu mekanisme jantung dalam memompa darah. Sehingga jika hal itu dibiarkan, gula sama saja dengan meningkatkan risiko gagal jantung.

2. Kegemukan
Kasus obesitas semakin meningkat karena banyak orang menjalani gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah konsumsi gula berlebihan. Gula memang berperan sebagai salah satu penyebab utama lemak tertimbun di lingkar pinggang dan perut.

3. Pembunuh diam-diam
Bukan cuma garam dan tekanan darah tinggi yang bisa membunuh diam-diam, gula juga sama. Sebab ketika orang mengalami kegemukan akibat gula, sebagian besar dari mereka menganggapnya wajar. Padahal jika dibiarkan, ada banyak penyakit yang mengancam.

4. Resiko Kanker
Konsumsi gula dalam jumlah tinggi sama dengan kesempatan bertahan hidup yang relatif rendah bagi para penderita kanker, khususnya kanker payudara dan kanker usus besar.

5. Kecanduan/Ketergantungan
Sifat gula begitu buruk, hampir sama dengan alkohol yang bisa membuat seseorang kecanduan. Ketika gula ditinggalkan, ‘pecandu’ akan terus merasa lapar dan ingin makan gula lagi.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)