Wednesday, 26 July 2017

Luhut Ajak Cina Investasi di Infrastruktur

Luhut Ajak Cina Investasi di Infrastruktur

Jakarta, Swamedium.com- Dalam kunjungannya ke negeri tirai bambu pada 15-17 Juni 2017, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menawarkan sejumlah proyek investasi infrastruktur kepada pemerintah Cina.

“Kunjungan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari Belt and Road Forum yang digelar pertengahan Mei lalu di Beijing, Cina,” kata Luhut dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (16/6).

Luhut mengatakan proyek yang ditawarkan itu di antaranya proyek infrastruktur terintegrasi di Sumatra Utara, industri nuklir dan pelabuhan di Kalimantan Utara hingga pengembangan pariwisata terintegrasi di Bitung, Sulawesi Utara.

“Masalah destinasi wisata seperti yang sudah dilakukan studi bersama Cina dulu, sudah kami siapkan di Bali,” jelasnya.

Luhut berharap tawaran investasi yang disampaikan bisa disambut baik oleh pihak Cina.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Luhut juga menyampaikan pesan pribadi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk Presiden Cina Xi Jinping melalui Sekretaris Komisi Politik dan Hukum Cina Meng Jianzhu.

Pertemuan dilanjutkan dengan China Communication Construction Company (CCCC)yang diketuai Liu Qitao kemudian China Development Bank (CDB) yang dipimpin oleh Hu Huaibang membicarakan investasi di Bali, Sulawesi Utara, Sumatera Utara dan Kalimantan Utara.

Pihak CCCC dan CDB menyatakan sangat tertarik dengan tawaran investasi di Indonesia dan akan mengirimkan tim untuk melakukan penjajakan.

Dalam pertemuan, Luhut menyampaikan pencapaian Indonesia yang mengalami pertumbuhan ekonomi stabil. Belum lagi raihan devisa Indonesia yang ia klaim tertinggi sepanjang sejarah yakni 125 miliar dolar AS.

Meski masih jauh nilainya jika dibandingkan dengan Cina, dia berharap kerja sama dengan Cina ke depan dapat mendorong perekonomian yang lebih baik. (Ant/maida)

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *