Thursday, 23 November 2017

Hersubeno Arief: Blusukan Jokowi dan Tiga Skenario Pilkada Jabar

Hersubeno Arief: Blusukan Jokowi dan Tiga Skenario Pilkada Jabar

Oleh: Hersubeno Arief

Jakarta, Swamedium.com – Situs Presidenri.go.id menampilkan sebuah data menarik kemana saja Presiden Jokowi _blusukan,_ selama hampir tiga tahun berkuasa.

Sejak dilantik pada 20 Oktober 2014, atau 32 bulan yang lalu, Jokowi telah melakukan blusukan sebanyak 306 kali, atau hampir 10 kali setiap bulan. Setiap tiga hari sekali, Presiden meninggalkan istana yang nyaman dan melakukan blusukan.

Blusukan adalah sebuah kosa kata dalam bahasa Jawa yang bermakna keluar masuk ke tempat-tempat tertentu, untuk mengetahui sesuatu. Kosa kata blusukan ini menjadi populer ketika Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta dan perjalanan nasib kemudian membawanya menjadi Presiden RI.

Aktivitas ini dulu juga sering dilakukan oleh Jokowi ketika masih menjadi Walikota Solo dan terus berlanjut hingga kini.

Secara rasa bahasa, blusukan sebenarnya lebih tepat dilakukan di suatu daerah dalam skala yang kecil seperti kota Solo. Jokowi bisa keluar masuk ke clepitan-clepitan gang sempit dengan naik sepeda atau berjalan kaki.

Karena sekarang menjadi presiden dan skalanya negara, maka jangan bayangkan Jokowi melakukannya dengan sepeda atau berjalan kaki. Modanya telah berganti menjadi pesawat terbang.

Jadi sekarang sebenarnya agak kurang pas bila masih menyebutnya dengan blusukan.Mosok pesawat terbang kepresidenan dipakai blusukan. Salah-salah bisa crash mengalami kecelakaan.

Karena saat ini bulan Ramadhan, maka kegiatan _blusukan_ presiden dari kacamata agama bisa disebut sebagai kegiatan silaturahmi. Dalam Islam diajarkan bahwa silaturahmi bisa memperpanjang umur dan menambah rezeki.

Bagi politisi, silaturahmi tafsirnya bisa memperpanjang umur (jabatan) dan menambah rezeki (melalui kekuasaan).

Dalam terminologi politik, atau lebih tepatnya marketing politik, blusukan, silaturahmi bisa ditafsirkan sebagai kegiatan direct selling Bertemu langsung dengan market, membuka pasar baru, sekaligus merawat pelanggan loyal.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)