Thursday, 17 August 2017

Aplikasi ‘Ayo Mudik’ Siap Bersama Pemudik Lebaran Tahun Ini

Aplikasi ‘Ayo Mudik’ Siap Bersama Pemudik Lebaran Tahun Ini

Foto : Aplikasi "Ayo Mudik", siap bersama pemudik Lebaran tahun ini (ist)

Jakarta, Swamedium.com  – Pelayanan arus mudik dan arus balik Idul Fitri setiap tahun jadi perhatian khusus pemerintah, diantaranya layanan telekomunikasii, infrastruktur, transportasi, Pangan, keamanan serta kenyamanan. Khusus bidang komunikasi dan informasi, Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) berkerjasama dengan beberapa pihak terkait untuk melayani pemudik.

Kominfo bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Opertaor Telekomunikasi, Lembaga Penyiaran, dan stakeholder terkait lainnya, Idul Fitri tahun 2017 ini  bersama-sama menyatakan kesiapannya, melalui sebuah aplikasi “Ayo Mudik”, termasuk kesiapan Pos dan dukungan koponen msyarakat terkait seperti ORARI dan RAPI.

Namun. “Setiap tahunnya, pelayanan ini harus beda dan ada peningkatan”, ungkap Kemenkominfo Rudiantara dalam sambutannya pada konfrensi pers, tentang ‘Kesiapan Layanan Kementrian Komunikasi dan Informatika dalm Mudik Lebaran 2017’, di Ruang Serba Guna Kantor Kominfo, Senin (19/6/2017).

Rudiantara yang didampingi, Dirjen SDPPI Ismail, Dirjen IKP Niken Widiastuti, Ketua ATSI Merza Fachys, serta KUDO perusahaan startup pembuat aplikasi “Ayo MudiK”, menyampaikan kesiapannya.  Rudiantara menyebutkan, yang menjadi prioritas utama pada jalur mudik dan arus balik adalah kelancaran transportasi. Sebab menurut Rudiantara, jika transportasi lancar, semuanya sudah tidak menjadi masalah.

“Biasanya yang menjadi masalah, jika terjadi kemacetan atau gangguan di jalur mudik, maka masyarakat sangat membutuhkan tersambungnya komunikasi dengan baik dan lancar” ungkap Rudi.

Sementara itu, lanjut Rudiantara, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan tersebut, pemerintah bersama operator telekomunikasi menyediakan BTS mobile. Serta yang paling berbeda dari tahun-tahun sebelumnya adalah, ketersediaan Informasi segala hal yang berkaitan dengan mudik. Hal itu yang menggerakan pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi, Informatika (Kominfo), Kementerian Perhubungan, berserta pihak terkait meluncurkan aplikasi yang dinamakan “Ayo Mudik”.

Aplikasi ini memberikan ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik hingga informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik, yang dulunya bersifat konfensional, berupa ‘peta jalur mudik’ Selama ini, akses informasi mutakhir dan lengkap untuk mudik masih belum tersedia, sulit untuk diperoleh karena tidak terintegrasi dengan baik.

“Konten dan informasi di dalam Aplikasi Ayo Mudik ini didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait untuk dapat menyajikan konten dan informasi yang terpadu, yaitu Kementerian Perhubungan, Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, BMKG, Pertamina, Jasa Marga, Kepolisian RI, perusahaan telekomunikasi, perusahaan penyedia jasa dan produk internet dan masih banyak lainnya yang terkait dengan kebutuhan pemudik.

Dengan aplikasi tersebut, para pemudik akan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh berbagai informasi seperti lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, info bencana serta info lalu lintas terkini.

Sebagai informasi, Aplikasi Ayo Mudik ini hanya bisa digunakan melalui smartphone yang berbasis di Android. Saat ini, aplikasi tersebut sudah tersedia di Play Store yang bisa diunduh secara cuma-cuma bagi para pemudik yang ingin lancar perjalanan pulang ke kampung halaman. (Wisja)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments from Facebook ()