Saturday, 25 November 2017

Beritakan Tol Era SBY, Jansen Adukan Detik.com ke Dewan Pers

Beritakan Tol Era SBY, Jansen Adukan Detik.com ke Dewan Pers

Jakarta, Swamedium.com — Seorang pengacara bernama Jansen Sitindaon lewat akun media sosial Twitternya @jansen_jsp, meminta media Detik.com untuk mengklarifikasi pemberitaan mereka. Dalam pemberitaan Detik.com, yang dipertanyakan Jansen, berisi panjang pembangunan tol yang dibangun pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Yth: Pemred @detikcom, tolong klarifikasi: (a) Berita 17 Okt 2014: tol di zaman SBY “420 KM”. (b) Berita 12 dan 13 Juni 2017 jadi: “212 KM”,” tulis Jansen.

Dalam cuitannya itu, Jansen menyebut bahwa Detik.com telah menggunakan data yang berbeda dalam dua pemberitaannya. Pada berita Detik.com 17 Oktober 2014, dituliskan bahwa pembangunan jalan tol di era SBY mencapai panjang 420 km. Namun, data berbeda disajikan pada tanggal 12 Juni dan 13 Juni 2017.
Pada pemberitaan tersebut, Detik.com menuliskan panjang pembangunan jalan tol di era SBY hanya 212 km. Perbedaan inilah yang menjadi sorotan Jansen.

Karena pihak Detik.com belum merespon hal itu, akhirnya Jansen pun mengadukan Detik.com ke Dewan Pers. Aduan tertanggal 16 Juni 2017 itu meminta Detik.com segera mencabut, meralat dan memperbaiki berita mereka. Pihak Detik.com juga diminta untuk meminta maaf kepada para pembacanya.

Jansen menilai, gugatan yang telah dilakukannya itu untuk sama-sama menegakkan hukum pers. Selain itu, gugatan itu juga untuk mewujudkan pers yang lebih sehat dan akurat. (ls)

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)