Thursday, 29 June 2017

Jalan Kaki Sehat Butuh Waktu Berapa Lama?

Jalan Kaki Sehat Butuh Waktu Berapa Lama?

Jakarta, Swamedium.com – Banyak yang tahu kalau jalan kaki itu olahraga yang murah dan menyehatkan tubuh. Sayangnya, sebagian besar pekerja kantoran terbiasa menghabiskan banyak waktu untuk duduk atau sangat sedikit berjalan.

Tanpa sadar, waktu untuk bergerak atau melakukan aktivitas fisik semakin berkurang. Padahal kegiatan tersebut sangat penting untuk kesehatan tubuh. Jika memang tidak sempat olahraga karena sibuk, Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki.

Bila Anda membawa kendaraan pribadi ke kantor, parkirkan kendaraan agak jauh dari kantor agar Anda punya kesempatan untuk berjalan kaki. Jika Anda naik kendaraan umum, turunlah di halte berikutnya, sehingga Anda berpeluang untuk berjalan kaki. Kalau naiknya hanya satu atau dua lantai, biasakan lewat tangga darurat daripada lift.

Bila Anda sedang tidak di kantor, biasakan untuk berjalan kaki keliling kompleks perumahan, naik-turun tangga, atau berjalan di mal sambil berbelanja atau sekadar cuci mata.Berikut ini, klikdokter akan memberikan saran yang tepat berapa jumlah langkah kaki yang baik untuk kesehatan.

Berapa Jumlah langkah kaki?

Para ahli menyarankan untuk berjalan kaki minimal 150 menit dalam seminggu. Jika sudah melampaui target tersebut, Anda ditantang lagi untuk berjalan sebanyak 10.000 langkah sehari atau setara dengan sekitar enam kilometer.

Agar lebih optimal, Anda perlu berjalan lebih cepat sebanyak 100 langkah per menit. Jadi dalam 30 menit, Anda sudah mencapai 3000 langkah.

Untuk dapat menghitung berapa banyak langkah yang sudah tercapai dalam sehari, Anda dapat menggunakan pedometer, yaitu alat serupa jam tangan yang digunakan untuk menghitung langkah kaki. Anda juga dapat mengunduh aplikasi pedometer melalui telepon genggam. Praktis, bukan?

Jika dilakukan setiap hari, kegiatan sederhana ini dapat meningkatkan aktivitas fisik, dan kebugaran serta kesehatan tubuh. Berjalan kaki dapat meningkatkan stamina, membakar kalori, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Ingat,, olahraga dan aktivitas fisik sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sudah ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa kurang gerak dapat menyebabkan berbagai penyakit. Jika memang tidak sempat olahraga karena sibuk, kini Anda bisa mulai menjaga kesehatan Anda dengan berjalan kaki. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *