Friday, 18 August 2017

Sebuah Mobil Tabraki Jamaah Masjid London, 1 Tewas 8 Luka-luka

Sebuah Mobil Tabraki Jamaah Masjid London, 1 Tewas 8 Luka-luka

Situasi sesaat setelah para jemaah masjid di Seven Sisters Road, London utara, Inggris, ditabraki sebuah mobil, dini hari tadi (19/6/2017). (Reuters)

London, Swamedium.com — Sebuah mobil menghantam jamaah Muslim yang baru saja usai shalat di Masjid Finsbury Park, Seven Sisters Road, London Utara, Inggris, Senin (19/6) dinihari waktu setempat. Akibat serangan itu, satu orang meninggal dan delapan orang lainnya luka-luka.

Dilaporkan oleh Reuters, seorang pria berusia 48 tahun ditangkap setelah insiden itu. Para korban baru saja keluar dari masjid usai menunaikan ibadah shalat Isya yang dimulai sekitar pukul 22.45. Serangan sendiri terjadi pada dini hari waktu setempat.

Seorang saksi mata menceritakan, pelaku melompat keluar dari mobil usai menabraki jemaah masjid. Sesaat kemudian mobil itu meledak.

“Dia (pelaku) datang pada kita semua, ada banyak orang, kami langsung pindah. Saya kaget, kaget, kaget, ada mayat di sekitar saya,” kata saksi mata yang menolak diidentifikasi.

Seperti dilansir BBC, Kepolisian Metropolitan London mengatakan, aparat kontra-terorisme sudah dikerahkan ke lokasi kejadian. Namun, mereka belum menyimpulkan serangan ini sebagai serangan teroris.

Dewan Muslim Inggris (MCB) mengatakan, serangan van terhadap jemaah Muslim itu disengaja oleh pelaku.

“Ini adalah manifestasi kekerasan Islamofobia,” bunyi pernyataan MCB, seperti dilansir BBC. Dewan itu meminta pengamanan ekstra di sekitar masjid.

Sementara Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May menggambarkan serangan tersebut sebagai insiden yang mengerikan.

”Semua pikiran saya ada pada mereka yang telah terluka, orang yang mereka cintai dan layanan darurat di tempat kejadian,” ujarnya. (*/ls)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments from Facebook ()