Thursday, 29 June 2017

Amankan Arus Mudik, Ambulans Motor Disiagakan di Tol Cipali

Amankan Arus Mudik, Ambulans Motor Disiagakan di Tol Cipali

Foto: Tol Palimanan. (ist)

Brebes, Swamedium.com — Ambulans motor dari pihak Kepolisian Resor Brebes, Jawa Tengah akan disiagakan di Jalur tol Cikopo-Palimanan. Ambulans motor itu disiapkan guna mendukung kesehatan pemudik selama dalam perjalanan.

Kepala Urusan Kesehatan Polres Brebes, dr. Nani Yulia, menjelaskan, pihaknya telah menyiagakan tiga unit ambulans motor untuk area sekitar gerbang keluar tol Brebes Timur.

Ia menerangkan, ambulans motor ini adalah unit sepeda motor yang dilengkapi dengan perlengkapan pendukung pertolongan pertama pada kecelakaan serta alat-alat komunikasi.

Nani mengatakan, ambulans motor akan dikemudikan oleh seorang paramedis atau dokter. Selain kendaraan tersebut, lanjut dia, ada pula sedikitnya empat unit mobil ambulans dari pihak Polres Brebes, Puskesmas Brebes, PMI Brebes, dan Waskita.

“Jadi kami tim kesehatan begitu care dan untuk mengurangi loss (kehilangan keseampatan) agar semua terpantau. Nanti bila ada perintah dari 119 kepada kami, misalnya, maka ambulans motor akan segera ke lokasi kejadian,” ujar dr Nani Yulia seperti dikutip Republika, Selasa (20/6).

Dia menjelaskan, pemudik dapat menikmati fasilitas pemeriksaan kesehatan di tiap pos pantau mudik sekitar Tol Cipali secara gratis. Selain itu, kata Nani, beberapa rumah sakit juga telah siaga melayani pemudik, misalnya, RS Mitra Keluarga, RSUD Brebes, dan 11 rumah sakit besar lainnya.

Dikatakan sebanyak 38 unit puskesmas akan beroperasi 24 jam dengan 2.025 tenaga paramedis. Nani juga mengakui telah melakukan tes kesehatan terhadap para sopir angkutan mudik Lebaran 2017.

“Dan di tiap pos terpadu, itu kita beri peta geomedicine dan juga ada tim kesesehatan. Itu artinya, bila ada kecelakaan, seorang polisi bisa tahu, oh saya harus segera bawa korban ke sini, ke situ, karena butuh penanganan yang cepat dan tepat. Kita juga adakan briefing juga kepada kepala-kepala pos dan jajarannya. Jangan sampai tidak tahu. Kan kalau sudah menyangkut nyawa, hitungannya menit,” tegas dia. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *