Saturday, 22 September 2018

Arus Balik Mulai Terlihat Padati Stasiun Kebumen Hari Ini

Arus Balik Mulai Terlihat Padati Stasiun Kebumen Hari Ini

Foto : Papan nama Stasiun Kereta Api Kebumen (dipo/swamedium)

Kebumen,Swamedium.com- Menjelang H+2 lebaran hari raya Idul Fitri, ratusan penumpang tampak mulai memadati Stasiun Kebumen untuk menunggu pemberangkatan kereta api menuju daerah tujuan.

Candra, wakil kepala stasiun Kebumen mengatakan, arus balik lebaran tahun ini di stasiun Kebumen mulai ada peningkatan. Para penumpang didominasi oleh penumpang dengan tujuan Bekasi, Jakarta dan Bandung.

“Tiap hari ada sekitar 2.000 penumpang yang berangkat dari stasiun Kebumen,” jawab Candra, Selasa (27/6) seperti yang dikutip dari sorotkebumen.com

Candra menjelaskan, untuk tiket kereta api sudah terjual habis jauh-jauh hari karena banyak permintaan, selain itu juga calon penumpang bisa memesan tiket secara online. Hingga siang ini pukul 10.00 WIB, tiket kereta api jurusan Bandung hingga tanggal lima Juli dan jurusan Jakarta tanggal tujuh Juli telah habis terjual.

“Puncak arus balik akan terjadi akhir pekan ini,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi lonjakkan penumpang pada arus balik ini, Candra mengatakan telah mempersiapkan sarana dan prasarana stasiun dengan menyiagakan petugas keamanan serta petugas penjual tiket kereta api. Selain itu, ia telah menyediakan kereta api tambahan jika terjadi mogok atau padamnya listrik akibat kehabisan bahan bakar pada genset dan lokomotif kereta api.

“Untuk lokomotif cadangan sudah tersedia di stasiun Kutoarjo dan Kroya,” terangnya.

Salah satu penumpang asal Kebumen, Endah Winarti mengatakan, ia memilih kembali ke Bekasi lebih awal karena ingin menghindari kepadatan pemudik pada saat arus balik. Selain itu, ia pun ingin mempersiapkan keperluan masuk sekolah anaknya lebih awal di Bekasi mengingat sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru.

Sementara di stasiun Kebumen juga masih tampak penumpang turun dari berbagai daerah. Mereka mengaku terpaksa mudik setelah lebaran karena kehabisan tiket saat mudik sebelum lebaran kemarin. (*/dip)

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)