Saturday, 20 October 2018

Untung Rugi Membeli Rumah dari Oper Kredit

Untung Rugi Membeli Rumah dari Oper Kredit

Jakarta, Swamedium.com – Memiliki rumah sendiri adalah idaman semua orang. Tak harus mewah, yang penting bisa memberi kenyamanan dan ketenangan untuk keluarga tinggal. Namun keterbatasan anggaran membuat banyak orang terpaksa tinggal di rumah kontrakan/sewa atau ngekos.

Padahal ada beberapa alternatif untuk memiliki rumah, salah satunya dengan membeli rumah secara oper kredit (take over) atau memanfaatkan fasilitas pembiayaan KPR FLPP dari bank.

Kedua alternatif memiliki rumah itu sangat menguntungkan sebab harganya bisa terjangkau oleh kantong kita. Namun mekanisme pembelian rumah oper kredit lebih rumit daripada membeli rumah subsidi yang baru sebab menyangkut pengalihan cicilan dari pihak bank. Berikut ini, seperti dikutip rumah,com ada info terkait hal tersebut.

Mekanisme Pembelian Take Over Kredit Rumah

Biasanya, rumah oper kredit dijual dengan banderol miring karena penjualnya sedang membutuhkan uang. Pembelian rumah oper kredit bisa dilakukan dengan tiga cara, pertama melalui pihak bank langsung, melalui notaris atau di bawah tangan.

Proses beli rumah oper kredit di bawah tangan atau tanpa sepengetahuan bank dan notaris dinilai tidak aman. Meski tidak mengeluarkan banyak biaya, karena cukup membubuhkan materai, namun posisi pembeli rumah kurang kuat di mata hukum.

Dengan harga yang relatif terjangkau, pembelian rumah oper kredit juga perlu disertai dengan beberapa pertimbangan. Pahami beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan membeli rumah oper kredit.

1. Kondisi bangunan
Sebagai rumah sekunder, Anda perlu memperhatikan kondisi bangunan dengan baik. Cermati dengan detail bagian luar dan dalam rumah. Periksa kondisi dinding, lantai, saluran air, kayu jendela dan pintu, langit-langit, serta sirkulasi udara.

Perhatikan juga faktor lokasi dan posisi rumah. Bisa saja, alasan pemilik mengalihkan cicilan rumahnya adalah karena lokasi atau feng shui yang kurang bagus, rawan banjir, atau prospek yang tidak menguntungkan ke depannya.

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Comments on swamedium (1)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)