Tuesday, 25 July 2017

Distrik Mulia Papua Jadi Desa Terdingin di Indonesia

Distrik Mulia Papua Jadi Desa Terdingin di Indonesia

Foto: Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Porvinsi Papua menjadi desa terdingin di Indonesia. Suhunya pada malam hari mencapai 9 derjat celcius, malah bisa turun jadi titik beku. (tribun)

Jayapura, Swamedium.com — Indonesia dikenal sebagai negara tropis, dimana matahari melimpah sepanjang tahun. Tapi siapa nyana ada desa yang sepanjang hari suhunya teramat dingin, terkadang mencapai titik beku.

Inilah Distrik Mulia yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Distrik ini berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl). Luas distrik ini 883 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 24.649 jiwa.

Karena begitu dekatnya dengan Pegunungan Jaya Wijaya, suhu pada malam hari mencapai 9 derajat celcius. Bahkan, bisa turun hingga mencapai titik beku. Sementara suhu normal berkisar 15-20 derjat celsius. Tak salah kalau distrik ini disebut sebagai Desa Terdingin di Indonesia.

Untuk mencapai distrik ini dapat ditempuh selama satu jam dari kota Jayapura menggunakan pesawat kecil jenis Caravan yang hanya memuat sembilan penumpang.

Selain lewat udara, distrik ini bisa ditempuh lewat darat dengan memakan waktu 16 jam perjalanan dari Jayapura. Jalanan menuju distrik penuh tantangan, melewati jalan berupa tanah dan bebatuan. Bahkan, melewati pegunungan yang berbukit dengan jurang curam di sisi kiri dan kanan. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *