Wednesday, 20 February 2019

ACT Bantu 1000 Tangki Air Bersih di Gunungkidul

ACT Bantu 1000 Tangki Air Bersih di Gunungkidul

Foto: Logo Aksi Cepat Tanggap. (ist)

Jogyakarta, Swamedium.com — Kekeringan melanda warga Kabupaten Gunungkidul, Jogyakarta. Selain bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY juga mendistribusikan ribuan tangki air bersih bagi warga yang kesulitan mendapatkan air.

Koordinator ACT Kabupaten Gunungkidul, Onny Leo menjelaskan, ACT merupakan lembaga non pemerintah yang khusus bergerak di bidang kemanusiaan khususnya bencana.

Menurut dis, anggaran khusus bantuan air bersih sejumlah 1.000 tangki bagi warga Gunungkidul didapat dari para dermawan. Rencananya, bantuan air bersih tersebut akan disalurkan di 8 kecamatan di Gunungkidul diantaranya Kecamatan Ngawen, Girisubo, Tepus, dan Tanjungsari.

“Terkait data warga yang tersasar air bersih kami berkoordinasi dengan BPBD Gunungkidul. Untuk anggaran 1000 tangki mencapai Rp250 juta,” ujar Onny, seperti dikutip Sorot Gunungkidul, Rabu (26/7).

Kabupaten Gunungkidul dipilih lembaga ACT karena saat memasuki musim kemarau selalu mengalami krisis air. Pada Rabu (26/07) ACT menyalurkan sejumlah 30 tangki ke wilayah Kecamatan Ngawen.

“Kita juga membuka ruang bagi masyarakat yang ingin mengajukan bantuan air maupun sumur bor, khusus di wilayah yang terdapat sumber air memungkinkan untuk dibuat sumur. Saat ini kita sudah berikan 3 bantuan sumur bor ke 3 kecamatan yakni Karangmojo, Ngawen dan Semin,” pungkasnya. (Dip/ls)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)