Saturday, 23 September 2017

FPI Cibarusah dan HILMI Bedah Rumah Warga

FPI Cibarusah dan HILMI Bedah Rumah Warga

Foto: Ibu Omih dan rumahnya yang sedang "dibedah" oleh FPI Cibarusah dan Hilal Merah Indonesia. (dok. HILMI dan FPI Cibarusah)

Bekasi, Swamedium.com — Ibu Omih (60 tahun) warga Kampung Citapen RT/RW 01/05, Desa Sinarjati, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, masih harus bersabar menunggu sampai 2018 untuk mendapatkan program bedah rumah dari pemerintah daerah.

Karena dikhawatirkan tiang-tiang penyangga tidak lagi mampu memikul beban materialnya hingga 2018, dan setiap saat dapat mengancam penghuniya, akhirnya keluarga dengan dibantu masyarakat memutuskan untuk tidak lagi menunda pembongkaran rumah janda dengan 6 orang anak tersebut. Namun Karena faktor ekonomi, keluarga harus mengurungkan niatnya untuk membangun kembali dan hanya mampu merubuhkannya sambil memanfaatkan sisa-sisa material kayu yang masih bisa dimanfaatkan.

Menurut Feri Iman, salah seorang laskar FPI Cibarusah, rumah Ibu Omi sebenarnya sudah dijanjikan program bedah rumah sejak tahun 2016 oleh pemerintah setempat, namun sampai sekarang masih harus menunggu, sedangkan kondisi rumah Ibu Omih sudah begitu memprihatinkan.

“Setelah diajukan, program bedah rumah dari pemerintah tersebut malah ngulur waktu sampai tahun 2018, daripada menunggu lama akhirnya kita aja yang gerak, karna kondisi rumah sudah ambruk dan terbengkalai karena keterbatasan biaya,” kata Feri Iman.

Senin (11/7/2017) Setelah mendapat laporan dari salah satu jamaah majelis ta’lim rutin DPC FPI Cibarusah, tentang kondisi rumah ibu Omih. DPC FPI langsung berkoordinasi dengan HILMI (Hilal Merah Indonesia) sebagai sayap juang bidang kemanusiaan FPI untuk menyambangi lokasi.

Foto: Kondisi rumah Ibu Omih sebelum direnovasi. (Dok. Hilmi)

Rabu (19/7/2017) Ketua DPC FPI Cibarusah bersama pengurus dan laskar FPI Cibarusah, Silaturahmi kerumah ibu omih menanyakan seputar kondisi rumah dan menawarkan program bedah rumah dari HILMI.

Di hari yang sama, DPC FPI Cibarusah langsung bergerak mengadakan syuro DPC membahas agenda bedah rumah, dan alhamdulillah didapat modal awal dari swadaya pengurus dan jamaah sebesar Rp 2.500.000.

Keesokan harinya (20/7/2017), HILMI dengan dibantu laskar FPI Cibarusah mulai merenovasi rumah Ibu Omi.

Kesigapan DPC FPI Cibarusah bersama HILMI itu mendapat perhatian dari kepala desa sirnajati dengan menyumbangkan Kayu sebanyak 42 btg dan bambu sebanyak 80.btg. Tentunya bantuan tersebut jauh lebih sedikit jika dilihat dari apa yang dijanjikan pemerintah daerah.

Sementara ini HILMI masih membutuhkan biaya untuk merampungkan pembangunan dan membayar upah pekerja. (hilmi)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)