Wednesday, 18 October 2017

Perluasan Larangan Sepeda Motor Diminta Ditunda Sampai Transportasi Umum Beres

Perluasan Larangan Sepeda Motor Diminta Ditunda Sampai Transportasi Umum Beres

Foto: Larangan Sepeda Motor (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Rencana Pemprov DKI yang akan memperluas larangan sepeda motor hingga ke Jalan Sudirman, Bundaran Senayan, Jakarta Selatan pada bulan September besok, ditentang oleh DPRD DKI dan diminta untuk ditunda sampai sistem transportasi umum di DKI beres.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, jika ingin memperluas larangan sepeda motor hingga Bundaran Senayan, sebaiknya Pemprov DKI menunggu sistem pola transportasi makro berjalan. Sehingga, pengendara sepeda motor memiliki pilihan moda transportasi dan tidak menyebabkan kemacetan di jalur alternatif bertambah.

“Kami sepakat dengan perluasan larangan. Tapi sebaiknya tunggu Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT) beroperasi dan terintegrasi dengan bus TransJakarta sama kereta api. Termasuk Elektronik Road pricing (ERP),” kata Prasetyo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (7/8).

Menurut Prasetyo, saat ini kondisi Jalan Sudirman-Thamrin atau sebaliknya sudah cukup lancar dengan adanya Simpang Susun Semanggi (SSS). Namun ia mengakui, pada saat jam sibuk masih terjadi kemacetan yang belum bisa terurai lantaran belum rampungnya pembenahan transportasi umum.

Baca Juga:
Larangan Sepeda Motor Diperluas, Pengamat Sepakat dengan DPRD DKI

Karena itu, Prasetyo menganggap wajar jika perluasan larangan sepeda motor dinilai sebagai bentuk diskriminasi. Untuk itu, dia meminta Pemprov DKI dan pihak kepolisian agar menunda rencana perluasan dan mengkajinya kembali sambil menunggu perbaikan transportasi dan pemasangan ERP.

“Saya juga meminta kepada Polda Metro Jaya agar segera menerapkan tilang elektronik yang langsung terkoneksi saat pembayaran pajak. ERP kan nanti pelanggaranya akan dikenakan saat pembayaran pajak. Nah buat juga tilang seperti itu. Jadi gak kena macet lagi kalau ada kendaraan ditilang,” ungkapnya. (*/ls)

Related posts

Comments on swamedium (2)

2 Comments

  1. Pingback: Begini Penjelasan Dishub DKI Soal Perluasan Larangan Sepeda Motor | SwaMedium

  2. Pingback: Larangan Sepeda Motor Diperluas, Pengamat Sepakat dengan DPRD DKI | SwaMedium

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)