Saturday, 23 September 2017

Akmal Sjafril: Yang Dialami Rohingya adalah Genosida

Akmal Sjafril: Yang Dialami Rohingya adalah Genosida

Foto: Peneliti INSISTS yang juga Koordinator Pusat Indonesia Tanpa JIL, Akmal Sjafril. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Hingga kini masih terjadi pembantaian dan pembunuhan kaum muslimin Rohingya di Rakhine, Myanmar oleh tentara rezim Myanmar. Peristiwa tidak berperikemanusiaan di Myanmar itu adalah sesuatu yang tak terbantahkan lagi.

Peneliti dari Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS), Akmal Sjafril menilai, apa yang dialami oleh kaum muslimin Rohingya adalah sebuah genosida.

“Apa pun alasan yang dikemukakan kemudian, faktanya yang terjadi di sana adalah pembersihan etnis dan pembantaian terhadap orang-orang muslim Rohingya itu adalah benar-benar terjadi, dan hal ini yang tak bisa dibenarkan oleh standar kemanusiaan yang mana pun, apalagi oleh Islam,” kata Akmal dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/9).

Menurut Akmal, dirinya memiliki sebuah pandangan bagaimana selayaknya perjuangan umat Islam terkait pembelaan umat Islam di seluruh dunia kepada warga Rohingya.

“Bagaimana pun orang-orang di Rohingya sana adalah saudara saudara kita juga kaum Muslimin, dan setiap Muslim adalah bagian dari bagian umat ini yang mempunyai tugas harus melakukan pembelaan dan perjuangkan,” ujarnya.

Untuk itu, Koordinator Pusat Indonesia Tanpa JIL (ITJ) ini meminta umat Islam harus terus memperjuangkan dan menyuarakan terus menerus terjadap isu Rohingya ini, agar umat Islam seluruh dunia tahu terhadap apa yang terjadi.

“Umat Muslim dan dunia Islam sudah semestinya mengerahkan segala daya dan upaya yang dimungkinkan untuk menyelamatkan saudara-saudaranya ini, dan tidak layak untuk berdiam diri dan bersikap seolah-olah tak terjadi apa-apa.Apa yang bisa dilakukan maka lakukanlah untuk bisa membantu saudara disana itu,” tutupnya. (*/ls)

Related posts

Comments on swamedium (1)

1 Comment

  1. Pingback: Akmal Sjafril: Kejahatan Kemanusiaan di Rohingya Sulit Dicari Bandingannya | SwaMedium

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)