Friday, 24 November 2017

Demokrat Tolak Upaya Pelemahan KPK Termasuk Pembekuan

Demokrat Tolak Upaya Pelemahan KPK Termasuk Pembekuan

Foto: DPP Demokrat bertemu KPK siang tadi, Rabu (13/9). (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menolak dengan tegas adanya upaya pelemahan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) apalagi adanya upaya melemahkan Komisi antirasuah itu lewat cara pembekuan KPK.

“Kalau ada yang melemahkan KPK, Demokrat tegas menolak pelemahan KPK. Apalagi kalau ada yang ingin membekukan dan membubarkan KPK. Meskipun ada kader Demokrat yang terlibat korupsi tapi kami tetap konsisten, kami konsisten tidak akan berubah dalam mendukung KPK,” kata SBY, dalam diskusi ‘Sistem Integritas Partai Politik’, di Gedung DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Presiden RI keenam itu mengatakan, semua institusi yang terlibat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi harus dapat bersinergi karena mereka memiliki kesamaan visi dan misi dalam upaya pemberantasan korupsi dan penegakan hukum di Indonesia.

“KPK, Polri, Kejaksaan Agung dan Pengadilan itu juga bisa berkolaborasi dan semuanya penting, KPK penting, Polri juga penting, Kejaksaan juga penting, pengadilan tak kalah pentingnya. Mereka mempunyai misi yang sama dalam hal ini pemberantasan korupsi. Rakyat sedih, kami sedih kalau satu sama lain tidak klop,” kata dia.

Terkait dengan beberapa kasus korupsi yang melibatkan kader Demokrat, SBY mengatakan, siapapun yang melakukan tindakan korupsi termasuk kader Partai Demokrat, baik yang terlibat langsung atau tidak, ia meminta agar tidak melakukan perlawanan hukum terhadap lembaga-lembaga tersebut, namun, SBY juga meminta lembaga-lembaga tersebut bisa transparan dalam menangani suatu kasus.

Mantan Menko Polhukam di era Presiden Megawati itu juga berpesan agar semua penyelenggara negara dapat mendukung KPK, termasuk Presiden Joko Widodo.

“Jangan sampai kalau kadernya kena lalu melakukan tindakan sebaliknya. Harapan kami ini terbuka semua, juga lembaga negara dan pemerintah di negeri ini, harapan saya kepada Presiden Jokowi dan para pemimpin lembaga negara, ketua MPR, ketua DPR, ketua DPD semua, dukunglah KPK” tutup SBY. (Jok)

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)