Friday, 24 November 2017

Dikaitkan Perppu Ormas, Ini Penjelasan Lengkap ILUNI UI

Dikaitkan Perppu Ormas, Ini Penjelasan Lengkap ILUNI UI

Foto: Logo Makara Universitas Indonesia. (ilustrasi/ist)

Depok, Swamedium.com — Telah beredar kabar yang menyebutkan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) dibubarkan oleh Pemerintah yang dikaitkan dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang tentang organisasi kemasyarakatan (Perppu Ormas).

Menanggapi kabar tersebut, Ketua Umum ILUNI UI, Arief Budhy Hardono mengklarifikasi bahwa kabar tersebut tidak ada kaitan antara pencabutan pengesahan perkumpulan ILUNI UI dengan Perppu Ormas. Dia pun menjelaskan bahwa yang dicabut pengesahan perkumpulan ILUNI UI oleh Menteri Hukum dan HAM adalah ILUNI UI yang dikenal dengan ILUNI UI Berbadan Hukum. (Baca Juga: Legalitas Dicabut Kemenkumham, Ini Penjelasan ILUNI UI Berbadan Hukum)

Lebih lanjut Arief menjelaskan, hal tersebut terkait dengan polemik adanya organisasi yang mendaftarkan diri sebagai perkumpulan ILUNI UI dengan nama yang sama.

“Polemik ini akhirnya selesai dengan keputusan Menteri Hukum dan HAM pada tanggal 15 Agustus 2017 yang mencabut pengesahan perkumpulan ILUNI UI,” kata Arief melalui keterangan persnya yang diterima Swamedium.com, Rabu, (13/9).

“Pencabutan pengesahan perkumpulan ILUNI UNI ini didasarkan surat dari Rektor UI yang menyampaikan keberatan atas penggunaan nama Ikatan Alumni UI dan logo Makara UI,” imbuhnya.

Untuk diketahui, ILUNI UI Badan Hukum didirikan oleh beberapa alumni UI yang merasa tidak puas dengan proses Pemilihan Raya Ketua ILUNI UI pada akhir Juli 2016 yang diikuti oleh sekitar 18.000 alumni secara daring dengan mekanisme one man one vote.

Tak hanya itu, Ketua umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono juga menyampaikan keberatan yang sama atas perkumpulan yang menggunakan nama yang mirip dengan Ikatan Alumni UI.

Menurut Arief, pernyataan pihaknya dan Rektor UI ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 68 tahun 2013 Tentang Statuta UI yang antara lain mengatur hubungan UI dengan ikatan alumninya dan aturan pengunaan logo Makara UI.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (1)

1 Comment

  1. Pingback: Legalitas Dicabut Kemenkumham, Ini Penjelasan ILUNI UI Berbadan Hukum | SwaMedium

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)