Friday, 24 November 2017

Legalitas Dicabut Kemenkumham, Ini Penjelasan ILUNI UI Berbadan Hukum

Legalitas Dicabut Kemenkumham, Ini Penjelasan ILUNI UI Berbadan Hukum

Foto: Ilustrasi. (swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Organisasi Alumni Universitas Indonesia yang dikenal ILUNI UI Berbadan Hukum dicabut legalitasnya oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM.

Dari surat yang beredar di aplikasi percakapan Whatsapp memperlihatkan Dirjen Administrasi Umum Kemenkumham Freddy Haris menandatangani Surat Keputusan Kemenkumham tertanggal 21 Juli 2016, Senin (11/9) tentang pencabutan legalitas ILUNI UI Berbadan Hukum.

Terkait hal tersebut, Sekjen ILUNI UI Berbadan hukum Hidayat Matnur mengatakan, surat yang mengatasnamakan Freddy Haris selaku Dirjen Administrasi Umum Kemenkumham tertanggal 15 Agustus 2017 muncul ketika pengurus mereka sedang sibuk menyusun diskusi dan Nonton Bareng Film G30SPKI #MenolakLupa.

“Dalam surat Freddy Haris tersebut pertimbangan dicabutnya SK Kemenkumham ILUNI UI adalah surat rektor yang menyatakan Logo UI dan Universitas Indonesia serta Nama ILUNI UI adalah milik UI yang tertera dalam statuta UI,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/9).

“ILUNI UI tidak melanggar UUD dan tidak melanggar Pancasila kenapa dibubarkan?,” sergahnya.

Sementara, Ketua ILUNI UI Berbadan hukum Ima Soeriokoesoemo mengaku, pihaknya tidak mengetahui adanya SK dicabutnya legalitas organisasinya. Kalaupun dicabut, kata Ima, pemerintah telah membungkam suara kritis warga negaranya, sebab, ILUNI UI yang tidak kritis kepada pemerintah tidak dibubarkan.

“ILUNI UI memang terbagi dua dan ILUNI UI yang tidak kritis terhadap Pemerintah dengan SK Kemenkumham 29 Juli 2016 tidak dibubarkan,” kata Ima. (Baca Juga: Dikaitkan Perppu Ormas, Ini Penjelasan Lengkap ILUNI UI)

Ketika ditanya, apa yang akan dilakukan ILUNI UI Berbadan hukum atas hal tersebut, Ima mengungkapkan, pihaknya sedang mempertimbangkan untuk melakukan gugatan ke PTUN dan bersama elemen masyarakat lainnya mendukung Prof Yusril Ihza Mahendra untuk menggugat Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas).

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (1)

1 Comment

  1. Pingback: Dikaitkan Perppu Ormas, Ini Penjelasan Lengkap ILUNI UI | SwaMedium

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)