Wednesday, 18 October 2017

SBY: Demokrat Dukung Penguatan Terhadap KPK

SBY: Demokrat Dukung Penguatan Terhadap KPK

Foto: DPP Demokrat bertemu KPK siang tadi, Rabu (13/9). (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, pihaknya tetap mendukung penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meski saat ini terlihat adanya upaya pelemahan terhadap KPK.

“Partai Demokrat berharap, mohon Ibu Basaria sampaikan kepada para komisioner yang lain dan seluruh jajaran KPK agar tetap kuat, tegar, jaga integritasnya, fair di dalam memproses mereka yang disangkakan telah melakukan pelanggaran korupsi. Tolak segala intervesi darimana pun,” kata SBY kepada pimpinan KPK Basaria Panjaitan, dalam diskusi Integritas Dana Parpol, di Gedung DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (12/9).

SBY juga mengatakan, KPK kerap disangka menggunakan cara-cara yang di luar dari mekanisme kerjanya dalam melakukan penyelidikan dan investigasi terkait Operasi Tangkap Tangan.

“Terlebih termasuk yang disebut obstruction of justice, karena obstruction of justice itu kejahatan, dalam sistem undang-undang kita, itu mendapatkan sanksi hukum yang berat,” ujar SBY saat menyampaikan pandangannya dalam diskusi tersebut.

Presiden RI keenam itu menyatakan sebagian besar pelaku tindak pidana korupsi ialah berasal dari kader partai politik.

“Saya sudah mengatakan banyak penyakit politik dan tidak demokratis, ya yang jelas kader kader partai politik sebagian melakukan korupsi,” tuturnya.

Lebih lanjut, SBY menerangkan bahwa banyak terjadi pelanggaran berupa money politic dalam pemilu baik di tingkat daerah maupun pusat. Juga pelanggaran terjadi di tingkat legislatif serta banyaknya penyelenggara negara yang berpihak saat pemilu.

“Dalam pilkada misalnya, dalam pemilu ada yang disebut money politic, politik uang, disebut disebut buying, membeli suara. Kemudian kalau kita teruskan aparat negara berpihak, yang mestinya netral, netral terhadap semua partai politik, terhadap semua kandidat, namun masih saja banyak terjadi, ada yang berpihak. Inilah penyakit politik dan demokrasi yang kita semua bangsa ini harus mencegah dan memberantasnya,” urai SBY. (Jok)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)