Wednesday, 18 October 2017

Lakukan Ini Agar Otak Tetap Cemerlang Sampai Tua

Lakukan Ini Agar Otak Tetap Cemerlang Sampai Tua

Kepikunan bisa dicegah dengan gaya hidup sehat. (*/Liputan6)

Jakarta, Swamedium.com – Seiring berttambahnya usia, otak manusia pun akan bertambah ‘tua’ atau kebanyakan orang mengatakan mulai pikun. Kepikunan atau gejala Alzheimer ini akan menganggu produktivitas dan kesehatan Anda, sehingga perlu ada upaya untuk menjaga agar otak tetap sehat dan tidak pikun.

Mulai sering lupa atau merasa lambat dalam berpikir, itu bisa jadi sinyal kepikunan. Lalu, bagaimana caranya menjaga otak agar tetap sehat dan cemerlang, meskipun usia terus bertambah?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari American Association and American Stroke Association yang dikutip Klikdokter.com menyarankan, untuk selalu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Kesehatan yang prima akan membantu Anda menghindari penyakit khas saat usia bertambah, di antaranya Alzheimer.

Alzheimer, salah satu jenis penyakit otak ini nyatanya berhubungan langsung dengan serangan kardiovaskular. Artinya saat Anda tak benar-benar menjaga kesehatan, Anda harus bersiap jika satu saat penyakit tiba-tiba menyerang. Salah satu penyakit yang menghantui usia tua adalah yang berhubungan dengan kardiovaskuler.

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization), penyakit kardiovaskuler adalah penyebab kematian yang utama di seluruh dunia. Penyakit ini menyerang penduduk di negara-negara maju maupun negara berkembang di dunia.

Studi tersebut menyarankan Anda untuk menjaga tekanan darah yang seimbang, mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah. Selain itu, mulailah untuk melakukan aktivitas fisik atau berolahraga, mengonsumsi makanan yang lebih sehat, mengatur berat badan dan jangan pernah merokok.

Dokter ahli kardiovaskular, dr. Philip Gorelick menyatakan, kebiasaan-kebiasaan sehat itu nantinya juga akan memberikan dampak positif untuk tubuh. Artinya, selain kesehatan otak bisa terus terjaga, Anda juga akan terhindar dari serangan penyakit jantung koroner dan stroke.

Menurut Gorelick, dengan mengontrol tekanan darah, dapat menjauhkan Anda dari serangan penyakit mematikan. Termasuk penyakit diabetes yang saat ini semakin terasa dekat dengan kehidupan masyarakat, lantaran gaya hidup sehat yang semakin tak dihiraukan.

Melihat betapa pentingnya hal ini, maka tak ada lagi alasan untuk mengabaikan kesehatan Anda agar otak tetap cemerlang meski usia semakin bertambah. Melakukan perubahan kecil seperti menerapkan pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. (*/maida)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)