Wednesday, 18 October 2017

Telapak Tangan Cinta untuk Rohingya di Kain Putih Ramaikan CFD Jakarta

Telapak Tangan Cinta untuk Rohingya di Kain Putih Ramaikan CFD Jakarta

Foto: Aksi Telapak Tangan Cinta untuk anak-anak Rohingya. (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Bentangan kain putih terlihat membentang di sepanjang area Car Free Day Jakarta. Isi bentangan kain putih itu tampak cap telapak tangan anak-anak dalam “Aksi Telapak cinta untuk Rohingya” pada Ahad (24/9) pagi di kawasan Bundaran HI hingga Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

Pantauan Swamedium.com di lokasi, Kain Putih yang berisikan cap telapak tangan anak-anak berwarna warni itu merupakan hasil dari lembaga pendidikan dasar anak dari seluruh Indonesia dan beberapa komunitas anak yang peduli atas tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar khususnya anak-anak.

Foto: Foto: Aksi Telapak Tangan Cinta untuk anak-anak Rohingya di Bundaran HI. (Joko/swamedium)

Kak Rudi Kanvas salah seorang perwakilan aksi dari Komunitas Pendongeng Indonesia mengatakan, aksi yang dilakukan nya tersebut diinisiasi oleh beberapa komunitas seperti forum lintas komunitas, komunitas pendongeng Indonesia, tk (taman kanak kanak), PAUD, sekolah dasar seluruh Indonesia, LPAI (Lembaga Perlindungan Anak Indonesia).

Mereka bekerja sama dengan Dompet Dhuafa sejak 3 September 2017 lalu, yang kegiatannya mencap telapak tangan anak -anak Indonesia sekaligus penggalangan dana untuk mendirikan shelter bantuan dan akan membangun sekolah di Kopbazzar, Bangladesh, bagi anak-anak pengungsi Rohingya.

Foto: Aksi Telapak Tangan Cinta untuk anak-anak Rohingya memanjang hingga jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (Joko/swamedium)

“Aksi telapak cinta untuk rohingya ini telah dilaksanakan pada 3 September 2017 lalu, tujuan nya untuk ikut berpartisipasi atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Rohingya, Myanmar terlebih bagi anak anak, ini bukti respons kecintaan kita kepada nasib anak anak apalagi di Rohingya banyak anak anak yang mendapat perlakuan kekerasan dan menimbulkan korban jiwa dari anak anak,” jelas Kak Rudi Kanvas saat ditemui Swamedium.com dalam Car Free Day tersebut.

“Alhamdulillah juga, kami telah berhasil mengadakan penggalangan dana dari sekolah sekolah dan tk, paud seluruh Indonesia, dan dana yang telah terkumpul nilai nya kurang lebih sebesar empat ratus juta rupiah,” lanjutnya.

Dikatakan Rudi, ia beserta kawan -kawannya yang hadir tak kurang dari 50 orang melakukan jalan santai dan membentangkan kain putih mulai dari kawasan bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat hingga daerah Blok M, Jakarta Selatan dengan membentangkan kain putih panjang tersebut.

“Aksi ini membentangkan kain putih hasil pengumpulan telapak tangan anak anak seluruh Indonesia di sepanjang jalan car free day hingga Blok M,” terang dia.

Foto: Aksi Telapak Tangan Cinta untuk anak-anak Rohingya. (Joko/swamedium)

Selain aksi ini, nantinya kain putih tersebut akan diserahkan kepada kantor perwakilan PBB lewat bidang kesejahteraan anak-anak (UNICEF) di Jakarta untuk menuntut PBB memberikan keputusan yang tegas bagi pemerintahan Myanmar dan menolak kekerasan anak yang terjadi di Rohingya.

“Besok, kita akan datang ke kantor perwakilan PBB yang ada di sini untuk memperjuangkan nasib anak anak rohingya dan memberikan keputusan yang tegas kepada pemerintahan Myanmar, juga menolak kekerasan terhadap anak anak rohingya,” tutup dia. (Jok)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)