Tuesday, 21 November 2017

Sepuluh Hal Ini Bikin Kamu Sakit Seusai Liburan

Sepuluh Hal Ini Bikin Kamu Sakit Seusai Liburan

Sepuluh hal yang membuat sakit selama perjalanan. (*/merdeka)

Jakarta, Swamedium.com – Pernahkah Anda mengalami sakit dalam perjalanan berlibur atau sepulang bertugas di luar kota? Rasanya banyak yang mengalaminya. Tiba-tiba saja terserang flu, kepala pusing, demam, bahkan tidak bisa mengangkat kaki dari tempat tidur. Ketahui apa penyebabnya.

Entah itu terjadi di awal perjalanan atau sepulangnya, sakit dalam perjalanan sudah menjadi hal yang umum dan jelas bisa membuat liburan berantakan.

Seperti dilansir dari laman Kompas.com, Dr Tania Dempsey, MD, dari Armonk Integrative Medicine mengatakan, kondisi batuk, pilek, atau flu itu bisa berawal dari stres dan kelelahan.

“Anda mungkin tidak suka terbang, lalu stres saat mengatur barang-barang dan proses keberangkatan yang rumit, lalu harus tidur di kasur, hotel dan kota yang asing. Belum lagi soal perbedaan zona waktu yang menyebabkan kurang tidur. Itu memudahkan Anda terserang penyakit,” kata dr Tania.

Berikut ini ada 10 hal yang menurut Dempsey merupakan faktor penyebab Anda sakit setelah melakukan perjalanan.

1. Stres

Stres merupakan penyebab utama sakit. Lebih khusus lagi, Dempsey mengatakan bahwa, stres menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kita lebih sulit untuk melawan flu dan infeksi lain yang dihadapi saat bepergian.

2. Paparan kuman

Perpaduan antara stres dengan kondisi bandara dan pesawat yang padat menjadi tempat terbaik bagi kuman untuk berkembang biak. “Sedikit hembusan kecil dari pernapasan orangb yang terinfeksi merupakan cara paling umum penyakit menular, dan jika Anda berada dalam jarak kurang dari dua meter, maka beresiko untuk menghirupnya,” kata Dr Rita Sharma dari UC Health.

3. Kelembaban rendah

Perputaran udara di kabin menghasilkan kelembaban rendah. “Hal ini dapat menyebabkan saluran hidung kering, dan mengurangi kemampuannya untuk memblokir partikel udara yang berbahaya,” kata Sharma.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)